ArenaLTE.com – Beberapa hari ini nama aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) menjadi buah bibir di mata netizen. Bukan karena ada penambahan fitur baru, melainkan terkait aksi aktor senior Hollywood Sean Penn yang menggunakan BBM untuk mengadakan komunikasi dengan gembong kartel narkoba asal Meksiko Joaquin “El Chapo” Guzman Loera.

Dikutip dari Ubergizmo.com (10/1/2016), beberapa waktu lalu, majalah Rolling Stone memberitakan bahwa aktor Hollywood Sean Penn mengandalkan aplikasi BBM agar bisa menemui pimpinan gembong narkoba El Chapo yang saat itu sedang bersembunyi dari incaran pihak pemerintah. Ibarat jadi duta promosi BlackBerry, Sean Penn tidak hanya menggunakan aplikasi BBM, Penn juga menyebutkan bahwa ia menggunakan perangkat buatan BlackBerry untuk membangun komunikasi yang aman dengan sang El Chapo tersebut.

Penn sendiri mengakui bahwa dirinya bukanlah penggila teknologi, tetapi dalam keterangan yang dihimpun menyebutkan bagaimana BBM menjadi salah satu “fasilitator” yang mengatur pertemuannya dengan sang raja pengedar narkoba tersebut.

Dengan aplikasi BBM, Penn mengirimkan pertanyaan-pertanyaan kepada El Chapo. Selain itu, layanan ini juga sudah digunakan oleh banyak pesohor dalam membangun komunikasi. Misalnya, aktris Meksiko, Kate del Castillo, yang mengatur pertemuan Penn dengan El Chapo, menggunakan BBM untuk menjalin komunikasi dengan raja narkoba tersebut. Para pengemudi kendaraan yang digunakan oleh El Chapo untuk menjemput Penn dan menemui dirinya juga menggunakan layanan BBM untuk memastikan bahwa rute yang mereka lalui “bebas hambatan.”

Raja narkoba, Joaquin ‘El Chapo’ Guzman saat ini sudah berhasil ditangkap oleh angkatan laut Meksiko dalam sebuah operasi penangkapan yang berlangsung pada pukul 04.30 dini hari waktu setempat di hari Jumat (8/1). Dia ditangkap di kota pesisir Los Mochis di negara bagian Sinaloa. Orang-orang yang sedang bersama El Chapo tewas dalam serangan berdarah tersebut.

Sebagai catatan, BBM mulai membuka dirinya kepada dunia sejak tahun 2013 dengan menawarkan aplikasi mereka untuk pengguna Android dan iOS. BlackBerry juga mengeruk keuntungan dengan menjual stiker kepada para pengguna aplikasi. Mungkin saja BlackBerry tidak akan menyukai cerita yang diunggah oleh Rolling Stone, tetapi dengan berita tersebut mereka mendapatkan publikasi gratis yang tentunya akan semakin membuat banyak orang berbondong-bondong menggunakan layanan dan perangkat BlackBerry demi keamanan dalam berkomunikasi.

Sean  Penn melakukan wawancara selama tujuh jam di tempat persembunyian Guzman di Meksiko Oktober lalu. Wawancara tersebut diterbitkan di majalah Rolling Stone pada Sabtu kemarin. Sumber Reuters mengatakan, aparat mengetahui ada pertemuan antara Penn, seorang aktris Meksiko dan Guzman. Lantas polisi mengikuti pergerakan Penn semenjak itu, mengarah pada peternakan tempat bos kelompok mafia Sinaloa itu bersembunyi.