ArenaLTE.com – Setelah dua pekan peluncuran di Indonesia atau lebih tepatnya 26 Januari 2016 lalu, redaksi akhirnya berkesempatan menjajal ketahanan baterai produk baru Lenovo dari keluarga power series yang dibekali dengan nama Vibe P1 Turbo. Area yang dipilih untuk mencoba ponsel ini sendiri cukup unik, kami diajak berkeling di wilayah Sentul, Bogor, untuk mencoba stamina baterai ponsel.

Awal keberangkatan sendiri berasal dari Jakarta Pusat, tepatnya berkumpul di gedung Wisma BNI 46, Sudirman. Sejumlah jurnalis dari berbagai media yang biasa review produk berkumpul. Sebelum acara keberangkatan dimulai, peminjaman ponsel ini diberikan dengan memastikan baterai dalam kondisi 100%  sudah terisi.

Pada waktu jam menunjukkan pukul 11.00, bus mulai melaju meninggalkan gedung Wisma BNI 46. Sebelum keberangkatan itu sendiri, para reviewer diberikan baju hijau dengan logo khas Lenovo pada bagian punggung. Tidak ada perlengkapan lain, selain kaus, topi, dan kacamata, dalam acara ujicoba ponsel ini. Mengartikan bahwa produsen begitu percaya diri dengan kekuatan baterai yang dimiliki dalam produk barunyaVibe P1 Turbo.

lenovo vibe p1 turboBaca juga: Lenovo Vibe P1 Turbo, Baterai Super 5000 mAh Bisa Jadi Powerbank

Perjalanan yang dilakukan diselingi dengan game pertama, para awak media diberikan kesempatan untuk menjawab 15 pertanyaan seputar dunia wisata Bogor. Uniknya, menjawab pertanyaan tersebut boleh dibantu dengan mencari jawabannya via internet. Maka otomatis, selama perjalanan banyak yang melakukan pencarian untuk bisa menjawab beragam pertanyaan tersebut.

Sayangnya, kami lupa mencatat kemampuan searching perangkat dalam mencari jawaban di internet, atau sekedar mencatat kemampuan download file yang bisa dilakukan Vibe P1 Turbo. Namun, diatas kertas perangkat ini diklaim sudah mendukung jaringan 4G dari beragam operator basis GSM, Indonesia.

Tak banyak waktu dalam menjawab 15 pertanyaan dalam game pertama, karena sekira 1 hingga 2 jam perjalanan ternyata sudah membawa kami masuk ke pintu tol Sentul Selatan. Hal ini juga sekaligus mengakhiri permainan kami di dalam bus, dan kami berhenti untuk mencari restoran untuk sejenak melepas lelah dan makan siang bersama.

Redaksi perhatikan, selama mengikuti game pertama yang sesekali dihabisi dengan melakukan selife, ternyata tidak membuat baterai berkurang cepat. Saat itu kami lihat, kondisi baterai masih dalam kondisi 90%, cukup hemat bila dilihat dari rutinitas dan kegiatan yang dilakukan dengan Vibe P1 Turbo sebelumnya.

sentul_jo

Kegiatan kami tak berhenti sampai disini, karena saat tiba dilokasi tepatnya berada dijalur balap tersebut, acara foto-foto pun berlanjut. Banyak adegan selfie yang kami lakukan, bahkan sesekali membuat beragam video menarik. Hal tersebut dilakukan, bukan sekedar untuk mencoba kamera atau bernarsis ria, bagian ini juga masih menjadi game lanjutan dalam ujicoba perangkat.

Tak sedikit yang melakukan perekaman video dengan kualitas HD, dengan rentang waktu yang hampir lama sekira 15 hingga 25 detik. Pun demikian, aktivitas tersebut ternyata tidak membuat baterai Lenovo Vibe P1 Turbo cepat habis. Hingga akhir acara pun, kami masih merasakan baterai pada ponsel ini hanya tiris mencapai 70%, meski kondisi internet tetap aktif dan sesekali memajang foto di jejaring sosial.

Pun demikian, bukan hanya kekuatan baterai yang digadangkan Lenovo dalam produk andalan terbarunya Vibe P1 Turbo ini. Ada beragam fitur lainnya yang juga sempat kami jajal, yakni fitur finger print, dan fitur sistem charging turbo.

sentul

Finger Print

Tak seperti pada ponsel kelas premium yang dihadirkan oleh Apple maupun Huawei, yang meletakkan keberadaan kunci sidik jari dibagian belakang ponsel. Lenovo Vibe P1 Turbo memposisikan sensor pemindai sidik jari ini tepat pada tombol ‘home’, posisinya terletak pada bagian bawah layar. Saat mencoba fitur ini, kami merasakan sensasi yang memang berbeda dari sebelumnya. Cukup nyaman dalam proses membuka, terutama saat pola jari tidak dalam posisi yang benar-benar lurus.

Namun sayangnya, proses penguncian cukup kompleks. Karena semua ruas jari haru dikenali dengan persis oleh pengguna, misal ketika Anda memiliki jempol sebagai kunci akses. Maka ruas jari jempol tersebut akan diidentifikasi oleh ponsel secara detail, baik pada bagian atas, tepi, tengah, maupun sedikit bagian bawah jari. Hal ini lah yang kami rasa sebagai kemampuan sensor mengenali letak jari meski tidak pada posisi yang lurus.

Charging Turbo

Hadir dengan baterai besar bukan berarti ponsel ini tidak perlu diisi ulang, Vibe P1 Turbo yang memiliki kapasitas baterai 5.000mAh juga ternyata memiliki kemampuan pengisian daya dengan cepat. Klaimnya, ponsel ini bisa diisi dalam kondisi 80 hingga 90% dalam waktu 1 Jam saja. Meski tak selama waktu tersebut, namun hal ini kami lihat pada saat proses pengisian. Identifikasi itu kami rasakan saat melihat ikon daya saat proses charging berlangsung, biasanya ponsel lain hanya memiliki satu ikon petir bila dalam keadaan baterai sedang di-charge. Namun berbeda dengan ponsel ini, Lenovo Vibe P1 Turbo menghadirkan dua ikon tersebut sebagai tanda proses pengisian mampu berjalan dua kali lipat dari ponsel lainnya di pasaran.

Spesifikasi

Guna mendukung performa, Lenovo Vibe P1 Turbo mengandalkan prosesor 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 octa core berkecepatan 1.5 GHz dan RAM 3GB serta GPU Adreno 405. Ditambah dengan bodi yang dibungkus alumunium tipis, menggunakan display 5,5 inci yang mendukung resolusi Full HD 1080p dengan teknologi Gorilla Glass 3.

Untuk urusan kamera, Vibe P1 Turbo menggunakan resolusi kamera 13MP pada bagian utama, dengan teknologi fokus cepat PDAF. Sedangkan pada bagian kamera depan menggunakan resolusi 5MP dengan fitur standara beauty, dan pewarnaan obyek.

namun, jika pembaca ingin review yang lebih lengkap tentang Lenovo Vibe P1 Turbo ini, bisa terus pantau portal berita review kami.