ArenaLTE.com – Keputusan Apple dalam menghilangkan konektivitas Jack Audio iPhone 7 dan 7 Plus dianggap sebagai keberanian. Hal itu diungkapkan Phil Schiller, Wakil Presiden Senior Apple yang menjelaskan bahwa keputusan menghilangkan Jack Audio 3.5 mm itu dan menggantikan dengan nirkabel adalah langkah berani yang diambil perusahaan.

Namun sayangnya, keputusan tersebut tidak lantas disambut baik banyak pihak dengan melontarkan beragam alasan. Bahkan menyayangkan hal tersebut karena ada beberapa pertimbangan yang tidak diperhitungkan oleh Apple. Salah satunya adalah perihal kekuatan baterai yang akan lebih cepat habis karena koneksi Bluetooth yang jalan terus.

Penggunaan baterai earphone kabel terbukti tidak terlalu banyak memakan daya. Namun jika diganti dengan earphone nirkabel bluetooth tentunya akan menjadi hal sebaliknya. Daya baterai akan cepat terkuras. Bukan hanya karena penggunaan aplikasi, tetapi juga karena ada daya lebih yang dikeluarkan untuk konektivitas.
iphone-7-bac

Selain itu, hilangnya Jack Audio iPhone 7 dan 7 Plus akan mengorbankan banyak piranti lain terutama yang memiliki earphone kabel. Langkah ini terlihat seperti Apple memaksa konsumennya untuk membeli lagi aksesori baru, terutama AirPod yang digembor-gemborkan.

AirPods Apple hadir dengan kisaran harga USD159 atau IDR2,2 jutaan. Harga ini terlalu mahal, bila dibandingkan jika harus membeli earphone kabel yang banyak varian harganya.

Apple yang mengklaim bahwa earphone terbaru mereka hadir dengan standar prosesor baru W1, dan bisa bertahan dalam waktu 5 jam memang tidak bisa ditepis. Hal ini pun juga berlaku seperti halnya earphone bluetooth lainnya, seharga USD25 atau sekira IDR350 ribuan. Namun, ketika daya earphone dan iPhone 7 dan 7 plus sama-sama habis, tentunya akan membuang waktu lagi karena harus melakuan charge kedua perangkat tersebut.

Solusi Permasalahan

Jack Audio iPhone 7 dan 7 Plus yang hilang memang berindikasi akan menjadi pro dan kontra. Namun demikian, bukan berarti hal tersebut tidak ada solusinya. Pasalnya, meski jack Audio 3.5 mm tersebut menjadi hilang, dan digantikan dengan earphone nirkabel terbaru dengan biaya yang mahal. Pengguna tetap bisa menggunakan konektivitas USB Type C yang dibawa pada perangkat.

USB Type C yang hadir pada iPhone 7 dan 7 Plus tidak berbeda jauh dengan yang dimiliki pada seri sebelumnya. Selain bisa dimanfaatkan sebagai pencatu daya, tentunya konektivitas ini juga bisa digunakan untuk headset yang memiliki port jenis yang sama, USB Type C.

Namun, jika konektivitas kedua perangkat ini dalam satu waktu dibutuhkan. Pengguna bisa mengambil alternatif lainnya. Seperti melalui aksesori dongle dari Belkin with Lightning Audio + Charge RockStar ini bisa menjadi solusi yang baik. Karena alat ini menyediakan dua port konektivitas langsung yang bisa dimanfaatkan untuk pencatu daya, serta untuk Jack Audio iPhone 7 dan 7 Plus secara bersamaan.