ArenaLTE.com – Yahoo Messenger (YM) beberapa tahun lalu pernah menjadi raja aplikasi instant messaging lintas platform. Tapi seiring kehadiran BBM (BlackBerry Messenger), WeChat, Line, dan WhatsApp yang menawarkan fitur lebih atraktif dan ringan, menjadikan debut YM mulai merosot, aplikasi ini pun tak lagi digunakan banyak orang. Ingin kembali eksis, Yahoo! pun menawarkan format baru dengan beberapa perombakan yang difokuskan pada smartphone dengan fitur unggulan group messaging dan image sharing.

Poin yang ingin ditarik di sini, Yahoo Messenger tak ingin lagi tertinggal dari WhatsApp, Facebook Messenger, Viber atau Line. Yahoo sendiri bukan pemain baru dalam penyedia layanan chatting bahkan termasuk perintis. Yahoo Messenger sejatinya telah meluncur sejak tahun 1988, saat itu YM diciptakan untuk menandingi AIM. Saat awal dirilis, YM digunakan untuk aplikasi di desktop PC. Dan kini menyambung tantangan dan peluang baru, Yahoo telah me-reboot layanan Yahoo Messenger.

Untuk saat ini, Yahoo Messenger versi baru telah mendarat di aplikasi Android dan iOS. Dan telah memungkinkan untuk menghadirkan group chat. Sebagai aplikasi yang di reborn. YM tak hanya bicara teks, pengguna dapat mengirimkan foto/gambar. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto secara langsung dari kamera roll. Untuk mengurangi beban data, Yahoo! Messenger yang baru ini juga dibekali teknologi kompresi data untuk foto. Disamping itu,  juga memberi keleluasaan bagi pengguna untuk mengunduh foto ukuran asli dalam skala penuh. Beberapa pemerhati berkomentar YM berupaya mengusung keunggulan dari Flickr yang juga dimiliki oleh Yahoo.
Baca juga: Tumblr Rilis Layanan Instant Messaging Multi Platform

Keunggulan komparatif Yahoo Messenger adalah adanya menu unsend jika pengguna mengurungkan pengiriman file. Sebagai tindak lanjutnya, server Yahoo! akan menghapus pesan dari server dan secara otomatis mengapus konten dari ponsel penerima. YM generasi baru juga menyajikan  fitur notifikasi yang lebih unik, termasuk notifikasi pada percakapan di dalam grup.

Format pengiriman file juga disajikan lebih baru, yakni dengan kemampuan mengirim file GIF langsung dari aplikasi. Untuk penerapan format GIF ini pihak Yahoo mengandalkan kolaborasi denagn database Tumblr. Ketika Anda menekan tombol GIF, aplikasi memungkinkan Anda mencari dengan kata kunci Tumblr dan isi yang tersedia GIF. Secara keseluruhan, sepertinya tombol GIF baru Facebook Messenger yang memungkinkan Anda mencari Giphy dan Riffsy. Meski digadang lebih ke aplikasi untuk smartphone, Yahoo! tetap menyediakan aplikasi untuk desktop di messenger.yahoo.com.