ArenaLTE.com – Inisiatif smart city atau kota pintar terus digalakkan sebagai upaya untuk meningkatkan layanan publik warga perkotaan. Salah satu kota yang mulai berbenah menuju smart city adalah Balikpapan. Bekerjasama dengan operator XL Axiata, Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menghadirkan beberapa layanan publik memanfatkan aplikasi digital. Melalui program XmartCity XL, masyarakat bisa reservasi rumah sakit, pembayaran uji kir kendaraan bermotor dengan uang elektronik, dukungan promosi untuk pelaku UKM, serta website untuk panti asuhan/rumah yatim.

Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan ketika meluncurkan implementasi program kota pintar atau XmartCity XL di Balikpapan, Kamis (12/11) mengungkapkan bahwa dukungan XL untuk masyarakat Kota Balikpapan ini berdasarkan konsep Sustainable Development Goals dari PBB. Konsep ini menerapkan 5 sasaran dukungan pada sarana kesehatan, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, inovasi, infrastruktur, serta program pemberdayaan komunitas masyarakat secara berkelanjutan. “Semoga dengan konsep baru XL ini, kota Balikpapan siap menjadi salah satu XmartCity yang berstandar dunia,” ujar Ongki.

Ongki menambahkan, melalui program-program kerjasama XmartCity XL, diharapkan secara langsung bisa mengenalkan manfaat besar dari keberadaan teknologi internet dan digital. “Teknologi ini bisa menjadi solusi atas persoalan publik yang dihadapi warga dan aparat pemerintah menyangkut kepentingan publik, serta bisa untuk meningkatkan produktivitas siapa pun penggunanya, termasuk kalangan UKM,” jelas Ongki.
Baca juga: Teknologi LTE Untuk Keselamatan Publik, Mungkinkah?

XmartCity
(Ki-Ka) Direktur/Chief Digital Service XL, Ongki Kurniawan, Asisten I Walikota Balikpapan, Saiful Bahri dan VP. XL North Region, Francky Rinaldo Pakpahan

Pada kesempatan yang sama Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengungkapkan bahwa kota Balikpapan kini menjadi salah satu kota industri utama di Kalimantan. “Kami akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga. Seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kita dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Karena itu, kami menggandeng XL untuk kerjasama XmartCity XL ini untuk memecahkan beberapa persoalan yang ada.”

Program kerjasama dengan Pemkot Balikpapan berpijak pada program pemerintah mengenai Rencana Pitalebar Indonesia (Indonesia Broadband Plan) 2014-2019 yang bertujuan meningkatkan serta mendukung pertumbuhan pembangunan nasional dan daya saing Indonesia di tingkat global, serta peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Untuk Indonesia Brodband Plan 2015-2016, XL mentargetkan 3 kota, yaitu Balikpapan, Jembrana, dan Pekalongan. Disamping kota-kota tersebut, saat ini, XL sangat aktif membantu Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat untuk pengembangan kota pintar di daerah masing-masing.
Baca juga: Kini Warga Jogja Bisa Bayar PBB Via XL Tunai