ArenaLTE.com – XL Axiata terus mengembangkan sejumlah aktivitas dalam payung program XL Future Leaders (XLFL) di tahun 2016. Salah satu inisiatif yang akan segera dilaksanakan adalah menggelar kompetisi bernama “Smart Digitalize Your City”. Kompetisi yang terbuka bagi mahasiswa Indonesia ini memberikan tantangan kepada peserta untuk mewujudkan ide-ide mereka untuk ikut memberikan solusi kota pintar mengenai berbagai problem yang dihadapi di mana mereka tinggal.

Ada tiga fokus area yang bisa digali untuk kompetisi solusi kota pintar ini, yaitu masing-masing, e-public service, e-government, dan e-financial. Mulai April 2016, XL akan memulai kembali roadshow ke sejumlah kota di Indonesia untuk sosialisasi program XLFL tahun ajaran 2016, termasuk mensosialisakan program kompetisi ini.

Menurut Turina Farouk, Vice President Corporate Communication XL, kompetisi ini menjadi sarana perusahaan untuk mendorong para mahasiswa menunjukkan jiwa kepemimpinan mereka. Mencetak seorang leader yang memiliki pengamatan, keperdulian, serta tak ragu mengambil bagian untuk ikut mencari solusi atas persoalan yang ada di hadapannya.

“Menemukan solusi atas persoalan di lingkungan terdekatnya adalah salah satu cara terbaik untuk memupuk inisitif dan karakter kepemimpinan mereka. Untuk itulah kami menyelenggarakan kompetisi ini, semoga sekaligus bisa menjadi kontribusi bagi publik luas,” ujar Turina.

Kompetisi menemukan solusi kota pintar ini akan mulai dibuka pada Maret 2016. Proposal ide dari peserta ditunggu hingga akhir Juni 2016. Selanjutnya akan berlangsung beberapa tahap seleksi penjurian. Peserta yang lolos seleksi pertama selanjutnya akan diminta membangun ide-ide sesuai proposal dan semua proses harus didokumentasikan dalam format video. Peserta yang lolos hingga babak final akan diundang ke Jakarta untuk tahap penentuan pemenang, berlangsung sekitar bulan Oktober 2016.

XL-Future-Leader-Jogja

XL menyediakan hadiah yang cukup menarik untuk para pemenang kompetisi ini. Hadiah akan berupa uang tunai puluhan juta rupiah. Untuk solusi karya para pemenang, akan mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam program inkubator layanan data yang ada di bawah Departeman Digital Service XL.

Selain itu, XL akan memberikan lisensi bagi solusi karya para pemenang, juga membantu untuk mempromosikannya ke market. Hak intelektual atas karya akan tetap pada para penciptanya.

Syarat menjadi peserta adalah mahasiswa aktif mewakili universitas, bisa perorangan maupun tim dengan angota maksimal 3 orang. Keterangan mengenai kompetisi ini bisa didapatkan melalui www.xlfutureleaders.com.

Inisitif lain untuk tahun 2016, XL juga mulai mengembangkan program XL Future Leaders (FL) bagi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Operator ini mulai mengenalkan program XLFL ke sekolah-sekolah lanjutan atas untuk mengimplementasikan program kepemimpinan tersebut. XL telah menyiapkan kurikulum  dengan desain khusus untuk siswa SLTA. Program XLFL untuk sekolah lanjutan atas ini akan diimplementasikan dalam beberapa format kegiatan, antara lain adalah seminar interaktif dengan mengundang perwakilan OSIS dari sekolah-sekolah di Indonesia.