ArenaLTE.com – Bulan Ramadhan memang masih sebulan lagi.  Tapi operator XL sudah bebenah jaringan demi menyambut bulan suci itu.  Ini alasannya,  “Kesiapan operator dalam menghadapi masa mudik lebaran justru dilihat dari kesiapan selama Ramadhan, ” kata Yessy D.  Yosetya,  Chief Service Management Officer XL Axiata.

Kali ini,  perhatian XL tertuju kepada region central,  yang meliputi wilayah Jawa Tengah dan sebagian Bandung.  Soalnya,  wilayah Jawa Tengah merupakan salah satu tujuan utama para pemudik.  Dampaknya adalah,  pada musim mudik,  trafik data dan voice akan meningkat berlipat-lipat. “XL kepingin pelanggan tak menemui kendala dalam berkomunikasi selama berlebaran di kampung halaman, ” ujar Yessy.

XL-Central-RegionMenurut R.  Sofia Purbayanti,  VP Region Central XL, sebagai tujuan utama mudik,  kesiapan jaringan di wilayah central menjadi target utama.  Selain mengoptimalkan jaringan 2G dan 3G, juga menambah kapasitas jaringan 4G. “Sekarang sudah ada 201 BTS 4G yang sudah in service di Jogjakarta dan sekitarnya. Targetnya adalah 215 BTS, ” kata Sofia.

Dari hasil uji coba kesiapan jaringan yang dilakukan pada 68 titik di seputar Jogja,  semuanya menunjukkan hasil yang baik. Ke-68 titik itu,  diantaranya ada di seputaran Stasiun Tugu,  Kota Gede,  dianggap mewakili seluruh wilayah Jogjakarta.  Bagi XL sendiri,  Jogjakarta menjadi kota ketiga terbesar dalam pertumbuhan trafik data di seluruh region Central, yang meliputi 12 kotamadya dan 46 kabupaten.