ArenaLTE.com –  Masih besarnya pelaku UKM yang belum melek internet menjadi sasaran bagi penyedia layanan teknologi maupun operator seluler. Salah satunya adalah XL yang melihat potensi tersebut dengan menawarkan solusi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan UKM lewat solusi yang diberi nama Paket Sukses.

Solusi XL ini berupa paket komunikasi yang lebih terjangkau dan khusus bagi kalangan pelaku usaha kecil menengah (UKM). Paket Sukses akan memudahkan pelaku UKM dalam menjalin komunikasi bisnis dengan partner atau pelanggan mereka serta juga memudahkan dan memperkuat UKM dipasar online. Paket ini diklaim yang pertama di Indonesia untuk segment UKM yang memberikan manfaat untuk pemilik dan karyawan sekaligus.

Selain tarif terjangkau, paket Sukses juga memberikan manfaat tambahan berupa komunikasi tanpa batas antara pimpinan atau pemilik UKM ke karyawannya, maupun juga untuk antar karyawan UKM tersebut. Ada tiga pilihan paket yang bisa dibeli oleh pelaku UKM, yaitu: Paket SUKSES S dengan harga Rp 268.000,- Paket SUKSES M dengan harga Rp 368.000,- dan Paket SUKSES L dengan harga Rp 468.000,-UKM-XL-2

Menurut Kakit Tan, General Manager SME/SMI & Device Product XL, saat ini kegiatan bisnis UKM berkembang dengan cepat dan relatif merata di Indonesia. “Ini tentunya menjadi peluang bagi kami untuk turut berkontribusi membantu perkembangan bisnis mereka melalui penyediaan layanan yang bisa membantu bisnis mereka berkembang lebih baik lagi. XL berharap, produk layanan terbaru ini bisa menaikkan jumlah pelanggan dari kalangan UKM menjadi sekitar 120 ribu pelanggan,” ujar Kakit.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk mempermudah pelaku UKM mendapatkan Paket SUKSES, XL telah menyiapkan sales agen mitra penjualan dengan jumlah memadai yang tersebar di seluruh wilayah layanan XL. Operator ini juga menjalin kerjasama penjualan dengan institusi atau perusahaan yang sudah memiliki basis pelanggan UKM yang besar. Selanjutnya, berencana menggelar acara khusus seperti antara lain pameran atau workshop untuk para pelaku UKM.

Benefit yang bisa dinikmati pelanggan ini berupa bonus layanan voice termasuk menelepon ke operator lain, juga menelepon secara gratis di antara pemilik dan karyawan melalui grup pemakai (CUG). Manfaat lainnya berupa layanan akses internet dengan kuota besar hingga 15 GB untuk pemilik dan 20 GB untuk karyawan di semua jaringan XL. Khusus bagi pemilik usaha, paket ini juga memberikan nomor cantik.

Kebutuhan UKM Terkait Akses Internet

Berdasarkan survei internal yang dilakukan di kalangan UKM, saat ini masih ada sekitar 36% pelaku UKM di Indonesia yang menjalankan bisnisnya secara offline. Selebihnya, meskipun sudah menjalankan bisnisnya secara online, tetapi sekitar 37% di antaranya masih sangat dasar. Pelaku UKM ini belum terkoneksi dengan media jejaring sosial dan e-commerce. Sementara itu, sekitar 20% pelaku UKM yang sudah menjalankan bisnisnya secara online masih tidak puas dengan koneksi internet yang mereka pakai.

Temuan lain berdasarkan survei antara lain adalah bahwa pelaku UKM membutuhkan akses internet untuk beragam kebutuhan sesuai dengan jenis produk yag mereka hasilkan. Misalnya, untuk UKM yang memproduksi konveksi, mereka membutuhkan koneksi internet terutama untuk memperluas pasar, promosi, serta update trend desain produk yang sedang digemari pasar. Selain itu, mereka juga butuh akses ke lembaga pendanaan, konsultan, serta pemasok bahan baku.

Pada UKM yang memproduksi makanan, mereka membutuhkan akses internet antara lain untuk keperluan pemasaran, promosi. Di sisi lain, UKM penghasil produk makanan lebih membutuhkan layanan menelepon. Sementara itu untuk UKM toko online, akses internet antara lain dibutuhkan untuk menjaring pembeli yang lebih luas melalui media sosial, update produk yang sedang laku di pasaran, serta tentunya untuk mengoperasikan toko digitalnya. Mereka pun membutuhkan akses internet yang berkualitas untuk memanfaatkan berbagai aplikasi pengirim pesan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Layanan voice kurang begitu mereka butuhkan.

Sesuai dengan kebutuhan kalangan UKM Pula, maka paket SUKSES juga dilengkapi manfaat berupa layanan VAS (Value Added Service) penunjang bisnis mereka. Untuk membantu kalangan UKM dalam upaya perluasan pemasaran atau menjangkau pembeli secara lebih agresif, XL menyertakan manfaat berupa akses pemasaran melalui e-commerce elevenia.

Untuk kebutuhan promosi dengan memanfaatkan layanan iklan digital, serta mempermudah transaksi dengan menawarkan layanan XL Tunai. Layanan data lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan UKM adalah cloud storage untuk penyimpanan data yang fleksibel, hosting dan email khusus bisnis, nomor virtual, pembuatan website atau aplikasi, serta layanan data VAS lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan UKM yang membutuhkan layanan internet cepat dengan kuota lebih besar, XL juga membundling Paket SUKSES dengan Paket Mobile Broadband XL Biz (Gratis MiFi) dengan harga  lebih ekonomis. Melalui layanan tersebut, UKM yang berada di daerah yang sudah terjangkau layanan 4G LTE dari XL akan bisa mendapatkan akses internet cepat hingga 150 Mbps.

Saat ini pelanggan XL dari kalangan UKM telah mencapai kurang lebih 2000 pelanggan. Hampir semuanya telah memanfaatkan layanan akses internet untuk membantu operasional dan kinerja mereka. UKM pelanggan XL bergerak di berbagai bidang, dan berada di berbagai daerah. Terbesar ada di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur