ArenaLTE.com – Ekonomi digital Indonesia diharapkan bisa semakin tumbuh berkembang, dan faktor pendukung hal tersebut adalah para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Mewadahi keperluan dan perluasan pasar para pelaku UKM, XL Axiata menghadirkan solusi digital untuk UKM lewat layanan DigiBiz.

Dalam pagelaran acara yang bertajuk ‘pesta wirausaha’, Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk, di Jakarta, Rabu (2/12/2015), mengungkapkan bahwa layanan digital DigiBiz ini didedikasikan khusus untuk kalangan UKM yang diharapkan bisa membantu perkembangan usahanya secara digital sekaligus meningkatkan profit.

“DigiBiz merupakan platform yang bersifat solusi digital guna mendukung para pelaku usaha UKM untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Dengan kompetensi kami di bidang teknologi informasi dan komunikasi, kami ingin berperan aktif mendorong kalangan UKM untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya,” jelas Dian.

Dirinya juga mengharapkan bahwa DigiBiz bisa menjadi solusi dari XL yang bisa dengan mudah diterapkan pengguna. Dirinya mengklaim bahwa para pelaku bisa mengandalkan satu perangkat saja, seperti smartphone untuk bisa mengembangkan usaha melalui solusi digital.
Baca juga: XL Manfaatkan 4G LTE Perkuat Bisnis Mobile Advertising AdReach

DigiBizz_1Presiden komunitas tangan di atas (TDA), Mustofa Romdloni, mengatakan pagelaran ‘Pesta Wirausaha 2015’ yang digelar di Jakarta akan dilanjutkan secara marathon di 24 wilayah Indonesia lainnya. Agar bisa menjadi jembatan penghubung untuk memenuhi kebutuhan para pelaku UKM. “Diharapkan dengan pengenalan layanan digital DigiBiz ini, bisa memfasilitasi dan membantu para UKM terus maju dan berkembang.” jelas Mustofa Romdloni, di sela acara diskusi acara yang berlangsung.

Mustofa Romdloni juga menjelaskan, dunia wirausaha dapat tumbuh bersama dalam beragam industri, produk dan inovasi. Maka saling melengkapi atau kolaborasi adalah hal utama untuk dapat menghadapi dan menyongsong persaingan global di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Kebutuhan teknologi digital dikalangan UKM telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan berguna untuk peningkatan penjualan dan kualitas pelayanan bisnis.

DigiBiz sendiri dijelaskan adalah sebagai platform yang bisa berjalan di perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS. Meski didukung oleh XL Axiata, tidak menutup kemungkinkan layanan ini bisa juga digunakan oleh pelanggan dari operator lainnya (Indosat, Telkomsel, Tri).

DigiBiz menawarkan tiga manfaat. Pertama, Product  Solution, yaitu berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk dapat mendukung bisnis UKM mereka. Kedua, Business Solution, di mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco antara lain tempat  berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis.

Selanjutnya manfaat terakhir berupa Network atau jejaring, yaitu secara tidak langsung pelanggan akan mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan platform ini. DigiBiz juga akan memudahkan pelaku UKM mengakses layanan internet cepat 4G LTE, terutama promosi dengan mengandalkan video.

Keuntungan lain yang akan didapatkan pelaku UKM yang memanfaatkan DigiBiz adalah mendapatkan produk “jumpStart”, yaitu solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha yang baru memulai usahanya. Produk ini terdiri dari solusi Virtual Telephony “XL Mobex”, dengan harga mulai dari Rp 800 ribu per UKM. Dengan layanan ini pelaku UKM akan lebih mudah dan hemat dalam membangun sistem hunting bagi layanan purna jual (customer service) atau layanan pesanan.