XL 4G  sudah dipersiapkan sejak jauh hari oleh PT XL Axiata Tbk (XL) untuk dapat beroperasi di jaringan 1800 Mhz ketika  pemerintah secara resmi memperbolehkan komersialisasi layanan 4G LTE di frekuensi tersebut pada tanggal 6 Juli 2015.  Tidak hanya infrastruktur jaringan (Network) untuk XL 4G LTE, kemudahan pelanggan dan masyarakat dalam mendapatkan smartphone 4G (Device) berkualitas dengan harga terjangkau juga dipersiapkan.  XL 4G juga mempersiapkan ekosistem bisnis layanan data serta sejumlah layanan  dan aplikasi inovatif yang memanfaatkan keunggulan teknologi XL 4G yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat (Application).

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan mengungkapkan bahwa Infrastruktur jaringan XL 4G telah melalui proses modernisasi. Didukung dengan sumber daya spektrum 1800 MHz yang dimiliki XL dengan kapasitas besar, yang merupakan hasil konsolidari dari XL-AXIS membuat layanan XL 4G di spektrum 1800 MHz ini dapat dinikmati pelanggan XL 4G dengan kecepatan hingga 100Mbps.

(Baca juga : Implementasi 4G LTE: Menyebar Dokter Spesialis Ke Pelosok)

Pengembangan XL 4G di Indonesia

Ongki menambahkan bahwa hingga akhir tahun 2015 nanti, XL 4G terus dikembangkan di sejumlah daerah, baik di Jawa maupun pulau-pulau utama lainnya. Kota-kota yang sudah dipastikan akan segera mendapatkan layanan internet XL 4G secara komersil antara lain adalah Lombok, Surabaya, Bandung, Bali, dan Jakarta. Sebelumnya, pelanggan di kota-kota tersebut sudah mendapatkan layanan XL 4G LTE secara terbatas uji coba di area tertentu (trial).

Dan tidak ketinggalan beberapa kota yang saat ini telah menikmati XL 4G di jaringan 900 MHz akan tetap dapat menikmati layanan tersebut, yaitu Medan, Bogor dan Yogyakarta. XL juga sudah menyiapkan rencana perluasan area cakupan layanan XL 4G di lokasi-lokasi di mana XL pernah melakukan uji coba di jaringan 1800 MHz.

(ki-ka) Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan dan VP - Network Planning & Development XL Budi Harjono sedang melakukan demo video call dengan GM Sales XL Bali-Lombok Dodyk Supriyono yang berada di Mataram, Lombok, melalui fasilitas Rich Communication Suite over LTE (RCS) yang menggunakan jaringan 4G-LTE 1800MHz di Jakarta. Kamis (2/7)
(ki-ka) Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan dan VP – Network Planning & Development XL Budi Harjono sedang melakukan demo video call dengan GM Sales XL Bali-Lombok Dodyk Supriyono yang berada di Mataram, Lombok, melalui fasilitas Rich Communication Suite over LTE (RCS) yang menggunakan jaringan 4G-LTE 1800MHz di Jakarta. Kamis (2/7)

XL 4G Applications

Sementara itu dari sisi aplikasi, XL juga telah melakukan sejumlah pengujian dan pengembangan sejumlah aplikasi inovatif berbasis layanan XL 4G LTE, termasuk diantaranya VoLTE (Voice over LTE), dan juga Rich Communication Suite over LTE (RCS). Aplikasi ini memiliki beragam fitur antara lain untuk menelpon, video call, chatting juga berbagi file dokumen dalam kapasitas besar.

Salah satu layanan inovatif lain yang sudah disiapkan oleh XL adalah program “XL 4G Roaming” di Malaysia, dan Srilanka yang mulai berlaku pada bulan Juli 2015 ini. Dengan program ini pelangan XL bisa tetap memanfaatkan layanan XL 4G saat berada di kedua negara tersebut dengan tarif yang kompetitif. Di Malaysia XL bekerjasama dengan operator Celcom, dan Sri Lanka dengan Dialog dari Axiata Group. XL akan terus memperluas cakupan program ini ke berbagai negara lainnya, termasuk ke negara-negara tujuan utama masyarakat Indonesia.

Sementara itu, untuk ikut mendukung visi pemerintah menyiapkan masyarakat menuju era digital, XL juga telah menyiapkan berbagai program yang bertujuan meningkatkan potensi masyarakat dengan memanfaatkan layanan internet cepat. Program yang telah disiapkan antara lain XmartCity dan XmartVillage, serta mFish. Keberadaan layanan 4G akan sangat mendukung program-program ini.