ArenaLTE.com – Layanan 4G LTE yang telah resmi dikomersialkan dijadikan momentum bagi XL Axiata untuk mendorong kinerja di hampir semua layanan. Salah satunya adalah untuk mendongkrak bisnis periklanan lewat divisi mobile advertising AdReach. Koneksi mobile broadband generasi keempat ini dianggap mampu memaksimalkan kualitas layanan iklan pada format video dan gambar, sehingga efektivitas penyampaikan pesan akan bisa ditingkatkan.

Ongki Kurniawan, Direktur Digital Services XL, mengatakan layanan mobile advertising AdReach adalah platform media yang bersifat agnostik atau bebas yang dapat melayani brand secara end to end. “Melalui mobile advertising Adreach, kami akan terus  mengembangkan solusi iklan digital yang semakin efektif untuk mencapai objective dari para brand klien kami. Salah satunya adalah mengkombinasikan antara keunggulan teknologi telko dengan social media, sehingga secara profil segmen menjadi target akan lebih tajam dan terukur. Hadirnya layanan internet cepat 4G akan mendukung pencapaian target di tahun depan,” ujarnya.
Baca juga: Serunya Mencoba Jaringan Cepat 4G LTE Melalui Kompetisi XL 4G Race

Ongki menambahkan, hadirnya layanan 4G LTE akan sangat berpengaruh dalam pengembangan layanan mobile advertising AdReach. Keberadaan akses internet cepat akan mempermudah penyampaian iklan kepada pasar yang dituju, tidak hanya berbentuk teks/tertulis saja, namun juga berupa gambar dan video. Dengan demikian, iklan yang disampaikan akan lebih meningkatkan engagement antara pelanggan. Materi iklan menjadi lebih efektif, karena secara user experience, pelanggan juga akan lebih mendapatkan kualitas gambar dan akses pada layanan data yang lebih baik.

Sementara itu Retno Wulan, Head of Mobile Advertising Digital Services XL Axiata mengungkapkan, saat ini sudah ada sebanyak 3 ribu brand yang telah memanfaatkan layanan mobile advertising Ad Reach dari XL. Sebagian di antaranya adalah brand ternama dari 6 kategori bisnis utama, yaitu consummer good, elektonik, otomotif, e-commerce, travel, dan perbankan.

Selain itu, pihaknya juga melayani dan mendukung kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Ada sekitar 300 UKM yang telah memanfaatkan layanan AdReach. UKM merupakan salah satu target klien dari AdReach, dan sudah tersedia solusi khusus yang terjangkau bagi UKM untuk beriklan. Kontribusi UKM di dalam bisnis mobile advertising AdReach secara kesuluruhan adalah sebesar  10%. Sepanjang tahun 2015 ini, layanan iklan mobile berhasil mengembangkan layanan terhadap brand dengan peningkatan sebanyak 300% pada jumlah brand yang dilayani di di 2015.

Keunggulan Layanan Mobile Advertising AdReach dari XL

Dijelaskan lebih lanjut, ada beberapa keunggulan pada layanan mobile advertising AdReach dari XL. Di antaranya adalah dapat mengetahui siapa yang akan disasar, waktu yang disesuaikan dengan objective brand, serta hasil lebih effektif yang dapat diukur dan dianalisis. Selain itu, juga mempunyai keunggulan dalam inovasi solusi, yang sesuai dengan objective brand dan menggabungkan solusi media mobile dengan media social, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Perusahaan melihat peluang bisnis iklan digital ke depan sangat besar. Terutama karena behavior pelanggan sampai dengan saat ini semakin tergantung dengan media mobile atau ponsel. Menurut Ongki, ponsel berpotensi untuk menggeser TV yang selama ini mendominasi untuk pengeluaran iklan. Karena ponsel dapat menjadi media yang sangat efektif dan mampu membangun engagement yang baik dengan target pasar. Ongki mengatakan berdasarkan sebuah riset, dalam enam tahun ke depan size iklan digital akan mencapai 91 Triliun di mana porsi mobile sebanyak 60% atau 55 Triliun dengan pertumbuhan rata-rata 120%.