ArenaLTE.com – Xiaomi jelas tidak puas hanya membuat smartphone atau perangkat telekomunikasi rumah tangga yang serba terhubung dengan Internet, bahkan vendor asal Cina ini juga tengah menggodok rancangan drone. Dan kabar yang terendus sejak beberapa waktu lalu, Xiaomi kini masuk dalam industri sepeda pintar. Xiaomi telah berinvestasi di perusahaan startup pembuat sepeda elektrik, Yunmake, dengan nilai RMB10 juta atau sekitar Rp20 miliar dan meluncurkan sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike.

Hasilnya kerjasama ini langsung membuahkan hasil dengan munculnya divisi YunBike dan presentasi dari produk perdana bernama sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike. Xiaomi kembali memperkenalkan sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike terbarunya yaitu sebuah sepeda hybrid yang bertujuan untuk memodifikasi konsep dasar sepeda elektrik.

sepeda pintar Xiaomi Mi YunBikesepeda pintar Xiaomi Mi YunBike ini memiliki mesin berdaya 36V, 180W yang diproduksi langsung oleh YunBike. Mesin sekaligus baterai aki tadi bakal memungkinkan pengguna untuk memacu sepeda dengan 5 tingkat kecepatan yang berbeda; tergantung dari medan yang dilalui. Bobot total sepeda mencapai 16kg, dan mampu menyangga berat maksimal 120kg. Yunbike C1 yang mampu mencapai kecepatan maksimal 25KM/jam ini dilengkapi dengan 5-speed gearbox, accelerometer, dan gyroscope.

sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike ini juga memanfaatkan fitur sensor pintar di dalamnya untuk membantu pengguna melewati jalur yang menantang. Contohnya, dengan keberadaan accelerometer 3-axis serta giroskop 3 sumbu di dalam sepeda, tiap kali pengguna menemui jalur lereng yang menanjak, maka sistem pintar sepeda akan langsung memasok listrik dan mengaktifkan mesin guna memudahkan pengguna melewati jalur tersebut.

sepeda pintar Xiaomi Mi YunBikeBaterai aki yang dipakai cuma membutuhkan waktu 3 jam untuk isi ulang sampai penuh, lengkap dengan port USB untuk memungkinkannya terhubung dengan berbagai jenis smartphone. Tak cuma itu, sepeda juga dilengkapi dengan sebuah aplikasi khusus untuk membantu pengguna memantau kondisi sepeda.

Yang spesial dari sistem di sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike ini adalah kemampuan untuk mendeteksi jalur yang sedang ditempuh oleh penggunanya. Jika menghadapi jalur yang menanjak, maka secara otomatis sistem elektrik di dalamnya akan memberikan dorongan pada sepeda sehingga pengguna bisa menggowes sepedanya dengan lebih mudah.

sepeda pintar Xiaomi Mi YunBikeBaterai yang ada di sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike berkapasitas 5.100 mAh dan mampu menempuh jarak 55KM tanpa harus diisi ulang. Sepeda yang memiliki bobot 16KG ini juga mendukung koneksi bluetooth ke smartphone, sehingga pengguna dapat mengetahui berbagai macam data seperti kecepatan rata-rata, kondisi lalu lintas, sisa baterai, sampai fungsi untuk mengendalikan lampu di sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike.

Kehadiran sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike ini akan menyaingi LeEco Le Syvrac yang terlebih dahulu dipasarkan dengan membawa teknologi sama canggihnya dengan sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike. Namun sayangnya, harga LeEco Le Syvrac dibanderol setara sebuah mobil, yakni mencapai US$6155 atau Rp80 jutaan.

Tertarik dengan sepeda pintar Xiaomi Mi YunBike yang satu ini? YunBike C1 bisa didapatkan dengan harga $439.00 atau sekitar Rp5.8 juta di link berikut ini. Yunbike C1 memiliki 6 varian warna, yakni hitam, putih, hijau, abu-abu, merah, dan orange.