ArenaLTE.com – Sekitar dua bulan lalu, Xiaomi sudah mulai menggulirkan sistem operasi atau lebih tepatnya antarmuka MIUI 7 mereka. Update ini dibekali dengan berbagai fitur baru, tweak dan beberapa set tema terbaru untuk ponsel besutannya. Kini, roll out secara global untuk custom Android ROM mereka yakni MIUI 7. 1 sudah mulai menyambangi konsumen yang memiliki perangkat terpilih.

Apa saja sih sebenarnya hal baru dalam MIUI 7.1 ini? Update yang terdapat dalam custom ROM ini sebagian besar merupakan optimalisasi dan beberapa perbaikan bug. Tapi jumlahnya cukup banyak, muali dari perbaikan isu locksreen status bar hingga menambah dukungan untuk Mi Piston earbud dalam setting audio.

Sebagian besar fitur baru telah ditambahkan ke dalam File Explorer yang sekarang sudah mempunyai private folder, shortcuts ke homescreen dan opsi untuk memilih default video player. Ada juga data saver function untuk meredam pemakaian data atau Wifi hingga 50 persen dan Mi Drop yang bisa membantu mengatur transfer file antar ponsel.

Xiaomi menyatakan jika beberapa perangkat berikut ini akan mulai bisa mendapatkan MIUI 7.1: Xiaomi Mi 3, Mi 4, Mi Note, Mi 4i, Redmi Note 4G, Redmi 2/ Prime, Redmi 1S, Redmi Note Prime, Redmi Note 2, Redmi Note 3G dan Mi Pad.

Konsumen yang menjalankan MIUI 5, 6 atau 7 bisa melakukan update via OTA atau melakukan flash dari ROM bersangkutan. Meskipun bukan update yang drastis, buat sebagian pengguna ada berbagai fitur bermanfaat yang bisa dinikmati pengguna.

Xiaomi sendiri dalam pengumumannya telah melakukan perombakan besar dalam kostumiasai MIUI 7. Memperkenalkan empat sistem desain baru untuk dipilih, menampilkan warna warni tambahan. Tersedia juga MUSE engine untuk desainer yang ingin membuat tema MIUI tanpa memerlukan coding nan kompleks.