ArenaLTE.com – Dalam rentang waktu 25 tahun terakhir, solusi keamanan siber mengalami evolusi secara dramatis. Pada awal pengembangannya fokus kemanan siber hanya tertuju pada serangan malware maupun spam yang menganggu. Namun kini, semakin menjamurnya berbagai jenis threat canggih tingkat tinggi, seperti phishing, targeted attacks, mobile malware dan kini ransomware mendorng lahirnya solusi keamanan siber terbaru Trend Micro yang menyeluruh.

Seperti terjadi baru-baru ini satu varian ransomware diperkirakan telah berhasil mengobrak-abrik lebih dari 100.000 komputer per hari. Besarnya ancaman yang muncul bila digabungkan dengan volume serangan secara kumulatif bahkan bisa mencapai angka 500.000 perhari belum termasuk jenis ancaman terbaru.

Kejadian ini menghadirkan masalah dan tantangan tersendiri bagi organisasi perusahaan untuk menerapkan perlindungan keamanan siber. Meski banyak penyedia solusi keamanan berlomba-lomba menawarkan jaminan solusi, namun hingga kini belum ada satu jenis senjata keamanan khusus yang bisa digunakan untuk melawan semua jenis cyber threats yang mewabah tersebut karena dibutuhkan senjata dan teknik-teknik perlindungan yang khusus dirancang untuk memusnahkan masing-masing jenis dan kelas dari setiap ancaman tersebut.

Trend Micro, sebagai salah satu penyedia solusi keamanan siber baru-baru ini mengumumkan kehadiran solusi kemanan terbaru mereka bernama XGen endpoint security. Seluruh rangkaian solusi tersebut dilengkapi pula dengan kapabilitas untuk perlindungan keamanan yang luas, mencakup keamanan untuk endpoint, email dan web gateway terintegrasi yang dirancang untuk melindungi pengguna dalam keseharian mereka, dengan visibilitas dan kendali terpusat sehingga mendukung proses respons IT yang makin cepat dan sigap.

Solusi keamanan siber terbaru Trend Micro ini telah dipersenjatai dengan XGen™learning yang merupakan perpaduan dari berbagai macam teknik pertahanan dari berbagai ancaman yang terjadi sekarang ini.

Agar lebih canggih, ada beberapa pendekatan yang dilakukan oleh Trend Micro dengan memanfaatkan teknik identifikasi canggih atas  berbagai jenis ancaman lain yang sudah dikenali, seperti application control, exploit prevention, behavioral analysis dan machine learning.

Solusi keamanan siber terbaru Trend Micro juga menambahkan ‘high-fidelity’ machine learning pada pendekatan teknik keamanannya sehingga mampu menganalisis file baik sebelum eksekusi maupun saat dijalankan, menggunakan fitur ‘noise cancellation,’ seperti census checking dan whitelisting sehingga mampu memangkas kemungkinan adanya kesalahan dalam pendeteksian dan dalam indikasi setiap threat yang terdeteksi.