ArenaLTE.com – Grab baru saja memaparkan perkembangan bisnis hingga semester pertama 2016. Perusahaan tersebut mengaku berhasil mencatatkan pertumbuhan yang luar biasa dari layanan GrabCar dan GrabBike untuk pasar Indonesia. Bahkan, Indonesia saat ini telah menjadi pasar penting dari layanan mereka.

Grab mengungkapkan jika Indonesia telah menjadi pasar terbesarnya berdasarkan jumlah perjalanan yang diselesaikan seluruh platform. Grab secara khusus memfokuskan bisnisnya di Jakarta, yang didiami oleh lebih dari 30 juta penduduk dimana Grab memberikan layanan ojek, penyewaan mobil pribadi dan pemesanan taksi online.

GrabFoodSelanjutnya, Grab juga berencana untuk melakukan ekspansi platform multi-layanannya ke lebih dari delapan megacitydi luar kota Jakarta, dengan total populasi sebesar 38 juta. Indonesia merupakan negara keempat terbesar dari segi populasi, dengan total penduduk lebih dari 250 juta.

Grab mengaku menikmati pertumbuhan yang luar biasa sejak melakukan rebrand sebagai platform penyedia layanan pemesanan kendaraan terlengkap pada bulan Januari lalu. Menurut perusahaan tersebut, Grabcar dan GrabBike di Indonesia tumbuh lebih dari 250 kali sejak pertengahan 2015. Lebih dari itu, Grab mengakui jika layanan penyewaan mobil pribadi dan ojek onlinemenjadi bagian besar dari bisnis Grab secara keseluruhan, yang juga meliputi pemesanan taksi dan layanan kurir.

Selain itu, Grab mengklaim jika teknologi machine learning dan kemampuan analitik data Grab yang mumpuni telah menjadi faktor pendorong pertumbuhan yang signifikan dan memungkinkan efisiensi secara besar-besaran dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, pada 2016, layanan GrabBike di Indonesia telah tumbuh 300 persen (year to date), seraya melakukan pengurangan subsidi untuk tiap perjalanan yang diselesaikan sebesar 50 persen, dimana hal ini menunjukkan tingginya keterlibatan dan keterlekatan pengguna pada platform multi-layanan Grab. Lebih dari 1 dari 4 pengguna aktif bulanan Grab di Indonesia menggunakan lebih dari satu layanan Grab.

Sekedar informasi saja, Grab menawarkan pilihan layanan pemesanan kendaraan terbanyak di sebagian besar pasar di Asia Tenggara, yang telah diunduh di lebih dari 17 juta perangkat dan 320,000 pengemudi di 30 kota di seluruh Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam.