ArenaLTE.com – Sebagai negara dengan populasi terpadat ke-empat di dunia, Indonesia dipandang oleh para pengamat sebagai salah satu pasar terbesar dengan pertumbuhan terpesat dalam penggunaan solusi pembayaran elektronik.

Menurut Lafferty Group, walaupun Indonesia secara umum merupakan masyarakat yang masih menggunakan uang tunai,  pangsa pasar sarana pembayaran menggunakan kartu berkembang secara signifikan dengan peningkatan volume transaksi kartu pembayaran sebesar 124% di tahun 2015 dibandingkan tahun 2010.

Melihat peluang ini, Wirecard AG dan Verifone sepakat melakukan kerjasama strategis untuk mengembangkan pasar Point of Sales (POS) di Asia Pasifik, dimulai dari Indonesia. Melalui anak perusahaan mereka di Asia, PT Prima Vista Solusi dan VeriFone Systems International, kedua perusahaan akan bekerjasama untuk menghadirkan rangkaian layanan solusi pembayaran elektronik lengkap. Wirecard akan menyediakan platform perangkat lunak untuk sarana penerimaan dan fasilitas pegolahan pembayaran serta keahlian pasar yang mendalam.

Kerjasama berdurasi lima tahun ini bertujuan menggabungkan portofolio teknologi dan kekuatan geografis dari kedua perusahaan tersebut melalui perusahaan domestik masing-masing, yakni PT Prima Vista Solusi milik Wirecard dan tim Verifone lokal, untuk mendukung institusi keuangan, perusahaan ritel dan berbagai segmen industri guna mendapatkan manfaat optimal dari solusi pembayaran elektronik terkemuka.

Wirecard AG merupakan grup teknologi global yang mendukung perusahaan dalam menerima solusi pembayaran elektronik dari semua saluran penjualan menggunakan smartphone. Wirecard AG menghadirkan sebuah platform global yang menggabungkan penerimaan pembayaran dan metode dengan solusi pencegahan penipuan.

Rudy Khowara, Managing Director Wirecard Global Point-Of-Sales dalam keterangan ersminya mengungkapkan bahwa sebagai mitra pengembangan strategis untuk Verifone, Wirecard menyediakan platform perangkat lunak sebagai sarana penerimaan dan fasilitas pengolahan solusi pembayaran elektronik melalui terminal Verifone.

Verifone sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan yang mampu mengubah transaksi sehari-hari menjadi kesempatan untuk menciptakan perdagangan terkoneksi. Verifone mampu menghubungkan perangkat pembayaran ke layanan cloud dan menggabungkan pengalaman belanja konvensional dan modern serta menciptakan hubungan digital generasi terbaru antara toko dan konsumennya.