ArenaLTE.com – Ada salah satu fitur dari Windows 10 Mobile yang tengah banyak disorot yakni Continuum. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah perangkat smartphone menjadi sebuah PC saat kita membutuhkannya untuk menggarap pekerjaan tertentu. Satu hal menarik, kini fitur mutakhir ini sudah mendukung prosesor kelas menengah besutan Qualcomm, Snapdragon 617.

Langkah yang dilakukan Microsoft dengan memberikan dukungan pada prosesor kelas menengah seperti Snapdragon 617 menjadikan Continuum lebih mudah diakses pada perangkat Windows 10 yang lebih murah.

Kala Microsoft memamerkan Continuum selama perhelatan Windows 10 di bulan Oktober lalu, fitur ini baru mendukung prosesor high end seperti Snapdragon 808 dan Snapdraogn 810. Artinya, kamu harus merogoh kocek guna membeli ponsel premium yang harganya mahal hanya untuk sekedar mencicipi fitur unik yang satu ini.

NokiaPowerUser melaporkan jika Microsoft telah menambahkan chipset Snapdragon 617 ke dalam jajaran prosesor yang bisa mendukung Continuum. Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk bisa menjalankan Continuum antara lain 2GB RAM, display 720p, memori internal 16B, Bluetooth 4.0 dan 802.11n dual-band Wi-Fi.

Untuk spesifikasi yang direkomendasikan oleh Microsoft, handset harus mendukung 3GB RAM, display 1080p dan 802.11ac dual-band Wi-Fi. Saat ini handset Windows 10 Mobile yang dihadirkan Microsoft adalah Lumia 950 dan Lumia 950 XL. Keduanya masing-masing dipersenjatai Snapdragon 808 dan Snapdragon 810.

Setahun setelah diperkenalkan, sistem operasi Windows 10 mencapai kemajuan yang signifikan dari segi penggunaan. Detailnya sebanyak 180 juta disumbangkan dari PC, 18 juta dari konsol Xbox, yang mengadopsi Windows 10. Dan sebanyak sejuta smartphone gunakan Windows 10 Mobile. Lebih jauh Microsoft tidak mengungkapkan rincian smartphone apa saja yang akan didukung oleh Windows 10.