ArenaLTE.com – Harus kita akui bahwa platform Windows sedikit ketinggalan ketimbang lawan-lawannya seperti iOS dan Android. Namun, bukan berarti Microsoft akan menyerah begitu saja. Mereka telah merilis Build 10149 Windows 10 Mobile kepada anggota Program Windows Insider Fast untuk uji coba.

Seorang penguji mengatakan Microsoft Windows 10 tampak semakin dipoles, dan upgrade ini berjalan lancar pada Lumia 830. Kinerja telah meningkat, dan meskipun user interface masih kurang responsif, namun sudah cukup jika Microsoft memilih untuk mulai mengedarkan build ini.

Beberapa fitur anyar di build ini termasuk kemampuan Cortana, asisten pribadi Windows Phone, memiliki kemampuan untuk mengirim email. Hanya dengan mengatakan “Send e-mail to…” termasuk pilihan untuk melakukan perubahan jika pesan pengguna tidak didikte dengan benar.

Windows Store Beta juga sekarang memiliki bagian untuk “Apps for Cortana,” menunjukkan harapan Microsoft bahwa aplikasi pihak ketiga akan mulai terintegrasi dengan asisten digital yang dinamakan dengan karakter dari game Halo tersebut.

Ada beberapa perbaikan kecil lainnya. Sebuah aplikasi senter sekarang muncul di Action Center, yang dapat dibuka dengan swipe dari bagian atas layar. Web browser saat ini sudah menggunakan Microsoft Edge. Rebrand dan update peramban asli setelah Microsoft lelah Explorer hanya menjadi bahan bercandaan orang-orang. Aplikasi Foto sekarang juga mendukung animasi GIF.
Baca: Duo Smartphone Windows 10 Resmi Diperkenalkan Microsoft di Indonesia

Windows Camera pada Windows Phone 10 Mobile dilengkapi dengan teknologi face-tracking, yang memungkinkan untuk mengenali wajah pengguna saat menggunakan kamera depan. Teknologi face-tracking membantu kamera untuk secara otomatis menyesuaikan fokus bahkan jika tangan penjepret tidak stabil. Tentu penambahannya pada kamera depan adalah untuk memanjakan generasi selfie, juga tentara tongsis saat ini.

Sudah gatal ingin mencoba Windows 10 Mobile? Jangan khawatir, sebuah bocoran dari dalam Microsoft mengklaim bahwa Windows 10 Mobile akan membuat debut publik sekitar bulan Oktober atau November tahun ini. Timeframe ini cocok dengan pernyataan yang sama bahwa Windows 10 Mobile akan siap kapan di akhir September. Update akan digulirkan pada berbagai perangkat Lumia.

Setelah Windows 10 ‘lahir’ ke dunia kita lihat apakah mereka bisa mengambil momentum dan menjatuhkan iOS bahkan Android dari puncak perangkat.

Foto: knowyourmobile.com

Comments

  1. […] Juha menunjukkan beberapa fitur penting dalam sistem operasi Windows 10 yang memperkuat Microsoft Lumia 950 dan 950 XL. “Antarmuka di smartphone Windows 10 sangat familiar. Jika Anda pernah menggunakan Windows 7, maupun Windows 8 maka tampilan itu tidak berbeda jauh. Hanya pada kali ini, user interface yang diberikan lebih indah dan tertata rapi. Bahkan, di dalamnya dibenamkan aplikasi sistem asisten digital terbaru, Cortana.” Jelasnya. Baca: Windows 10 Mobile Baru Tawarkan Banyak Hal […]