ArenaLTE.com -Wi Fi Alliance mengumumkan bahwa pengiriman Wi Fi telah mencapai 12 miliar unit, dan diperkirakan akan melampaui 15 miliar unit pada akhir tahun 2016. Seperti dikutip dari Cellular-news.com (12/1/2016), dengan background 6,8 miliar perangkat yang terinstall WiFi, maka WiFi secara langsung dinobatkan sebagai platform akses komunikasi berbasis WLAN (Wireless Local Arena Network) yang paling produktif dan populer di seluruh dunia.

Untuk mendukung pengembangan WiFi, WiFi Alliance merils roadmap terbarunya, yang salah satunya menyebut pada akhir tahun 2016, total perangkat WiFi yang akan dikirim ke seluruh dunia oleh beragam vendor akan mencapai 15 miliar perangkat. Setidakya di sepanjang 2016 akan dikapalkan 3 miliar perangkat terkoneksi WiFi. “Pertumbuhan industri WiFi telah disejajarkan erat dengan pertumbuhan program sertifikasi WiFi Alliance dan pengiriman perangkat dual-band yang beroperasi di 2,4 dan 5 GHz meningkat dari tahun-setelah-tahun, setelah itu momentum WiFi menunjukkan tanda-tanda perlambatan,” kata direktur riset Phil Solis, ABI Research.

Salah satu terobosan terbaru dari WiFi yakni dirilisnya platform WiFi 802.11ah HaLow yang berjalan di frekuensi 900 Mhz. HaLow yang merupakan perpanjangan dari 802.11ah WiFi yang saat ini merupakan standar digunakan pada banyak perangkat. WiFi HaLow juga diperkirakan menjadi saingan dari Bluetooh LE akibat rendahnya daya yang digunakan dan jangkauan jaraknya.

WiFi Alliance juga mengatakan bahwa HaLow mampu menempuh jarak yang lebih jauh yakni hingga mencapai 1 kilometer. Dengan frekuensi 900 Mhz , WiFi HaLow mampu menembus dinding beton maupun penghalang lainnya yang cukup mengurangi jangkauan perangkat pada WiFi standar saat ini.

Comments