ArenaLTE.com – Setelah belum lama ini merayakan ulang tahunnya yang ketujuh, dan mendapat kado akbar dimana telah memiki basis lebih dari satu miliar pengguna, WhatsApp kembali membuat kejutan. Kali ini bukan soal fitur, melainkan kabar bahwa aplikasi instant messaging lintas platform ini akan segera meninggalkan platform BlackBerry dan beberapa sistem operasi lainnya.

Aplikasi instant messaging yang kini dimiliki sepenuhnya oleh Facebook tersebut berencana untuk hengkang dari sejumlah perangkat termasuk BlackBerry dan fokus pada perangkat yang dipakai mayoritas pengguna. Rencananya pada akhir 2016 nanti WhatsApp tidak akan berfungsi lagi di OS Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1, Android 2.2, Windows Phone 7.1, dan perangkat Blackberry, dan apesnya termasuk di BlackBerry 10.
whatsapp-bb10-01
Baca juga: Tawarkan Fitur Anti Sadap, Aplikasi Instant Messaging Telegram Kini Tembus 100 Juta Pengguna Aktif Per Bulan

Saat perusahaan baru berdiri, Apple App Store juga baru berumur beberapa bulan dan sekitar 70 persen smartphone yang dijual ketika itu menggunakan sistem operasi BlackBerry dan Nokia. Sementara itu sistem operasi mobile Google, Apple dan Microsoft saat itu baru mencakup kurang dari 25 persen perangkat yang dijual, namun hari ini 99,5 persen smartphone memakai sistem operasi tiga perusahaan tersebut.

Pihak perusahaan mengaku berat untuk meninggalkan Nokia dan BlackBerry. “Ini merupakan keputusan sulit bagi kami, tapi juga keputusan yang benar guna menyediakan sarana lebih baik bagi banyak pengguna untuk tetap dekat dengan teman-teman, keluarga dan orang-orang yang disayangi menggunakan WhatsApp,” ujar juru bicara seperti dilansir dari website resmi WhatsApp.

Selanjutnya perusahaan menyarankan untuk pengguna yang sampai saat ini masih memakai salah satu perangkat yang terdampak itu, pihak WhatsApp merekomendasikan untuk melakukan upgrade atau migrasi ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru sebelum akhir tahun 2016 agar bisa terus menggunakan layanan instant messaging terpopuler sejagat ini.