ArenaLTE.com – Nama Indrajeet Bhuyan seolah tak asing dalam kiprah aplikasi WhatsApp, peneliti keamanan independen berusia 17 tahun ini kerap menemukan beberapa lubang keamanan pada aplikasi instant messaging terbesar di dunia WhatsApp. Gebrakan terbaru dari Indrajeet yakni menemukan bug yang bisa membuat crash penggunaan aplikasi WhatsApp.

Dikutip dari Ubergizmo.com, Indrajeet dapat untuk mengetahuinya dengan mengirimkan 4.000 emoji smile, dan kemudian melihat aplikasi buffer sebelum crash. Hal ini tak berbeda jauh dari bug yang juga terditeksi Bhuyan pada 2014, di mana WhatsApp crash setelah menerima 2.000 kata yang ditulis menggunakan set karakter khusus.aplikasi WhatsappWhatsApp yang rentan terhadap 4.000 smiley ialah WhatsApp versi baru untuk Android yang berjalan pada Android Marshmallow, Lollipop, dan versi KitKat serta WhatsApp untuk Web. Di bulan Februari lalu, Indrajeet Bhuyan juga telah menemukan bahwa problem sinkronisasi antara aplikasi mobile dan web client WhatsApp memungkinkan foto profil pengguna dilihat oleh orang asing yang nomer ponselnya tak tercantum dalam daftar kontak WhatsApp.
Baca: Samsung Galaxy J2, Smartphone Rekomendasi untuk Internet Cepat yang Mendukung Kreativitas Tanpa Batas

WhatsApp sebenarnya menyediakan opsi untuk menyembunyikan profile picture dari orang asing dan hanya menunjukkannya pada teman di daftar kontak. Namun hal ini dibuat tak berlaku di web oleh masalah keamanan di atas. Masalah lainnya yang juga ditemukan Bhuyan adalah foto yang telah dihapus masih bisa dilihat dengan jelas melalui web client, biarpun hanya tampak sebagai gambar buram jika dibuka memakai aplikasi mobile.

Pakar keamanan Graham Cluley mengatakan bahwa, meski tak mengancam data yang benar-benar sensitif, masalah keamanan ini cukup mengganggu privasi pengguna WhatsApp.