ArenaLTE.com – Setelah bulan lalu menghadirkan fitur enkripsi, aplikasi messenger terbesar sejagad WhatsApp kini bersiap menggelontorkan tiga fitur baru lagi, yakni Voicemail, Call-back, dan berbagi ZIP file. Dua fitur pertama hadir sebagai kelanjutan dari kisah sukses dalam merilis fitur VoIP.

Saat ini, pesan instan berhasil menggusur cara komunikasi tradisional melalui panggilan telepon, termasuk mengirim dan menerima voicemail. Namun, salah satu fitur baru dari aplikasi messenger ini adalah Voicemail, meskipun saat ini pengguna telah dapat memanfaatkan voice note. Hingga kini, belum jelas apa yang menjadi kelebihan fitur Voicemail tersebut.

Lanjut ke fitur kedua, Call-back. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah menelepon balik ke nomor telepon yang panggilannya tidak terjawab (missed call). Pengguna dapat melakukannya langsung dari notifikasi, tanpa perlu membuka aplikasi

Terakhir, fitur berbagi file ZIP. File ZIP adalah satu kumpulan dari beberapa file, seperti file-file yang telah di-kompres jadi satu sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Dengan kemampuan WhatsApp untuk mendukung berbagai ekstension dokumen, plus dukungan ZIP, maka fitur ini dapat memudahkan pengguna berbagi beragam file.

Dikutip dari Ubergizmo.com (27/4/2016), belum ada informasi resmi tentang waktu fitur-fitur tersebut akan hadir. Namun ketiga fitur baru ini akan hadir lewat update teranyar di Android maupun iOS.

Whatsapp memang terus memperbaiki diri. Beberapa waktu lalu, pengguna update terbaru WhatsApp akan lebih terlindungi karena perusahaan baru saja mengumumkan sebuah langkah penting untuk melakukan pelindungan data komunikasi yang dilakukan oleh penggunannya. Teknologi perlindungan ini sudah selesai dan dapat difungsikan secara penuh dengan menggunakan full end-to-end encryption.