ArenaLTE.com – Layanan Voice over LTE (VoLTE) mungkin masih terdengar asing di telinga pengguna ponsel saat ini. Padahal layanan inilah yang digadang-gadang menjadi senjata utama 4G LTE operator di masa mendatang selain layanan data. Smartfren, operator dalam negeri yang cukup gesit menggeber 4G LTE ternyata sudah menyiapkan voLTE. Bahkan awal 2016, VoLTE Smartfren diklaim siap melenggang.

Menurut Chief Technology Officer Smartfren Christian Daigneault di sela-sela kunjungan media di kantor Smartfren BSD, Serpong, Tangerang (11/11/2015), layanan voLTE Smartfren segera hadir awal 2016. “Minimal Q1 tahun depan, VoLTE Smartfren bisa segera hadir. Selain memberikan layanan suara juga 4G HD video,” ungkapnya.

Kelebihan VoLTE Smartfren

volte smartfrenVoLTE merupakan basis teknologi yang berdasar pada all-IP (Internet Protocol) yang terintegrasi dengan fitur panggilan pada smartphone pengguna. Pendekatan ini berbasis pada IP multimedia subsistem, yang bertujuan menyokong akses telepon dan multimedia melalui terminal nirkabel. VoLTE menyediakan panggilan telepon dengan kualitas suara yang jernih.

4G LTE memiliki kecepatan akses internet 10 lebih cepat dari teknologi jaringan sebelumnya, serta memiliki arsitektur yang memungkinkan panggilan suara dan data (akses internet) berada dalam satu jaringan. Ini membuat performa voice call dan akses internet lebih otimal dan lebih efisien dalam penggunaan power, sehingga pemakaian baterai akan lebih irit.
Baca juga: Tahun 2018, 1 Miliar Pengguna Nikmati Layanan 4G VoLTE

Christian menjelaskan kelebihan dari VoLTE Smartfren antara lain call setup yang lebih cepat serta suara yang dihasilkan lebih jernih dan lebih baik dari layanan menggunakan jaringan 3G. Sayangnya, persoalan handset masih jadi kendala dalam gelaran layanan VoLTE Smartfren ini. Tidak semua smartphone memiliki chipset yang mendukung voLTE. Bahkan, sampai sekarang baru chipset besutan Qualcomm saja yang mendukung layanan ini.

Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo menegaskan jika smartphone yang VoLTE sudah siap di pasaran baru segelintir. Beberapa di antaranya seperti Galaxy Note 4, Galaxy Note 5 dan iPhone 6.

“Tapi beberapa seri Andromax seperti R dan Q pun sebenarnya bisa dipakai untuk layanan voLTE. Dengan update yang kami sediakan, pengguna smartphone tersebut akan bisa menikmati layanan voLTE Smartfren,” tambahnya.

ArenaLTE.com berkesempatan melihat langsung demonstrasi penggunaan layanan voLTE Smartfren. Dalam handset yang dipakai untuk menguji layanan, tertera simbol voLTE kecil di sudut atas layar. Christian menjelaskan jika artinya handset sudah ready dipakai melakukan panggilan suara atau video via voLTE.

Menurut salah seorang wartawan yang menjajal layanan ini, suara yang keluar dari handset saat melakukan voice call terdengar cukup jernih tak terasa ada delay. Panggilan video call pun berlangsung dengan mulus dan lancar.

volte smartfen 2Saat ini, VoLTE Smartfren sudah memasuki tahap akhir pengujian demi memastikan layanan dan koneksi yang stabil. Pihak Smarften belum merinci soal besaran tarif untuk layanan ini meski memang disebut-sebut tak akan jauh berbeda dengan layanan voice yang ada sekarang. Namun yang jelas, di masa mendatang VoLTE bisa menjadi generator untuk menjaring kembali pengguna layanan voice dan SMS yang semakin merosot.