ArenaLTE.com – VMware, pemimpin global di kancah infrastruktur cloud dan business mobility, hari ini mengumumkan dijalinnya kerja sama dengan APTIKOM, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia melalui program VMware IT Academy Program.

Kerja sama tersebut akan mencakup pembekalan dan peningkatan pengetahuan serta kecakapan teknis tepat guna dalam bidang teknologi virtualisasi dan cloud bagi mahasiswa berikut staf pengajar dari 99 universitas dan perguruan tinggi yang terlibat, dalam rangka turut berkontribusi mendorong pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Nota Kesepahaman yang dijalin dengan APTIKOM menjadi pengukuhan kontribusi VMware sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang menyediakan kurikulum berikut pelatihan mengenai virtualisasi dan cloud bagi mahasiswa dari 99 universitas dan perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam kerja sama tersebut VMware juga berkontribusi dalam memfasilitasi pengembangan lima Pusat Riset Virtualisasi dan Cloud, serta pelatihan untuk staf pengajar dan mahasiswa. Kerja sama APTIKOM-VMware akan mencakup hal-hal penyediaan dan dukungan bagi universitas dan perguruan tinggi di Indonesia, yang meliputi:

VMware IT Academy ProgramMemfasilitasi pembangunan lima Pusat Riset Virtualisasi dan Cloud, di mana VMware software-defined data centre beserta solusi-solusi VMware berbasis cloud akan di-host di kampus-kampus yang berlokasi di universitas dan perguruan tinggi yang terlibat, serta akan disediakan pula platform untuk pelatihan dan pengembangan talenta dan kecakapan bagi staf pengajar dan mahasiswa.

Institusi juga akan diberikan akses ke material dan peranti yang diciptakan oleh para insinyur dari VMware melalui VMware IT Academy Program dan dibekali pula dengan modul dan aktivitas pelatihan, seperti webinars, diskusi teknis yang komprehensif dan mendalam. VMware akan menyediakan lisensi untuk masing-masing pusat riset tersebut.

VMware IT Academy Program akan ditawarkan bagi fakultas dan jurusan Ilmu Komputer, Teknik dan Informatika dari universitas-universitas yang terlibat dan bersama dengan APTIKOM, VMware IT Academy Program ini akan memberikan pelatihan kepada dosen mengenai kurikulum Virtualisasi dan Cloud yang telah disempurnakan dengan insights dari industri.

Hal ini diharapkan akan dapat membekali staf pengajar dengan teori sekaligus pengetahuan praktis dalam rangka memberdayakan mahasiswa dan membekali mereka dengan kecakapan teknis dan pengetahuan yang tepat guna.

VMware akan menyediakan lisensi software dan subskripsi akademik gratis bagi universitas-universitas yang terlibat, sehingga memungkinkan staf pengajar dan mahasiswa mencoba dan memahami teknologi-teknologi yang disuguhkan tersebut dengan baik.