ArenaLTE.com – Jika Mozilla sedang punya gawe besar mempersiapkan kehadiran browser Firefox untuk platform iOS, maka kompetitornya Opera punya cerita lain. Perusahaan teknologi asal Norwedia yang fokus mengembangkan browser tersebut pekan ini meluncurkan versi terbaru Opera di Android baik Opera Mini maupun Opera browser.

Opera di Android hadir dengan fitur baru seperti kompresi video, web apps yang dapat diinstall, serta kemampuan download yang lebih baik dan juga kemampuan untuk mengganti-ganti tab. Selain itu, kedua browser ini juga telah dilengkapi dengan logo Opera yang baru.

“Untuk meningkatkan pengguna Android kami dari 140 juta menjadi 250 juta pada tahun 2017, kami berkomitmen untuk memperkenalkan fitur-fitur yang memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengguna. Hadirnya sederetan fitur-fitur baru serta pengenalan logo baru Opera di Android yang segar adalah salah satu tonggak pertumbuhan kami yang agresif di pasar Android,” ujar Lars Boilesen, CEO Opera.

Hemat konsumsi data video

Tahun lalu, Opera pertama kali mengintegrasikan optimisasi video pada web browser (Opera Mini untuk iOS). Kini hal itu diterapkan juga pada Opera di Android. Kompresi video mampu menurunkan waktu buffering bagi para penikmat video dan mengurangi jumlah video data.

Kooswardini Wulandari, Communications Manager Opera Indonesia mengungkapkan dengan mesin Rocket Optimizer dari divisi Skyfire Opera, kompresi video juga dapat membantu para pengguna untuk menghemat paket data. “Optimisasi video menjadi semakin penting dengan semakin meningkatnya konsumsi video di ponsel,” ujarnya.

Wanita ini menjelaskan cara mengaktifkan kompresi video. Pada Opera di Android, pengguna bisa pergi ke menu setting, klik Penghematan Data, kemudian centang kotak di sebelah tulisan Kompresi video. Dalam sekejap konsumsi data akan menjadi lebih hemat dan pengguna tidak perlu lagi berlama-lama untuk menunggu loading video.

Selain itu pengguna juga dapat menemukan settingan yang lebih advance di menu. Jika pengguna memiliki preferensi yang lebih spesifik, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengontrol kebutuhan browsing sesuai dengan yang diinginkan. Salah satu update lain yang diberikan pada Opera di Android adalah kini pengguna bisa menambahkan situs favoritnya ke homescreen ponsel dan membuatnya tampak seperti sebuah aplikasi.

Notifikasi download

Untuk Opera Mini, update yang hadirkan kali ini adalah mengirmkan notifikasi pada pengguna ketika file-file telah selesai diunduh. Jadi, dpengguna dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan yang lain ketika menunggu proses download.

Fitur lainnya pada Opera Mini, kini pengguna bisa membuka tab baru selagi sedang membaca sebuah halaman. Tab baru ini akan terbuka di background dan bisa beralih ke tab yang lain dengan cepat. “Opera yakin bahwa hal ini bisa memudahkan pengguna untuk menavigasi beberapa halaman situs sekaligus. Sangat bermanfaat, terutama jika sering membandingkan 100 penawaran travel secara sekaligus, atau suka membandingkan harga di berbagai toko online,” jelas Kooswardini.

Untuk menikmati update terbaru Opera Mini dan Opera di Android, pengguna bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.