ArenaLTE.com – Mulai sekarang, pengguna update terbaru WhatsApp akan lebih terlindungi karena perusahaan baru saja mengumumkan sebuah langkah penting untuk melakukan pelindungan data komunikasi yang dilakukan oleh penggunannya. Teknologi perlindungan ini sudah selesai dan dapat difungsikan secara penuh dengan menggunakan full end-to-end encryption.

WhatsApp co-founders Jan Koum and Brian Acton dalam keterangan di blog resmi WhatsApp mengungkapkan bahwa mulai sekarang, jika kita menggunakan update terbaru WhatsApp, maka setiap panggilan yang kita lakukan dan pesan WhatsApp yang kita kirimkan baik itu berupa teks, foto, video, file dan suara akan terenkripsi secara penuh secara otomatis termasuk group chat WA.

An important milestone for the WhatsApp community. Now all your conversations and calls are encrypted to keep you and your information safe when you use the latest version.

Posted by Mark Zuckerberg on Tuesday, 5 April 2016

Idenya sederhana, ketika kita mengirimkan sebuah pesan maka pesan tersebut hanya akan bisa dibaca oleh orang yang dituju saja atau hanya bisa dibaca oleh orang yang ada di dalam grup tersebut saja. Tidak akan ada orang lain yang mampu membaca pesan tersebut karena terenkripsi, tidak bisa dibaca oleh para cybercrimimals, tidak bisa dibaca Hacker dan pihak lainnya bahkan oleh WhatsApp sendiri. Pengamanan dengan End to End Encryption ini akan membantu komunikasi yang dilakukan para pengguna WhatsApp lebih private seperti layaknya komunikasi langsung.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai cara kerja end-to-end encryption bisa di teliti lebih jauh di sini. Namun yang perlu diketahui adalah pesan terenkripsi ini hanya dapat dibaca oleh penerima saja. Dan jika kalian menggunakan update terbaru WhatsApp, kita tak pelu melakukan pengaturan khusus untuk mengenkripsi pesan kita karena sudah diatur secara otomatis.

Sekarang, Kita hidup di dunia dimana setiap data akan terdigitalisasi secara otomatis, setiap hari kita mendengar ada berbagai data penting yang tercuri atau terekspose karena memang sebenarnya data digital berupa informasi dan komunikasi ini sangat rentan terhadap pencurian atau penggunaan untuk hal-hal yang tidak baik oleh karena itulah update terbaru WhatsApp menilai sangat diperlukan adanya sebuah pengamanan dan perslindngan dengan end-to-end encryption.

Proses enkripsi merupakan salah satu hal yang cuku penting bagi pemerintah, perusahaan dan individu untuk melindungi dan mengamankan data informasi penting di era digital sekarang ini. Dan mulai hari ini milyaran pengguna update terbaru WhatsApp akan merasa aman dan terlindungi dengan enkripsi data yang dilakukan, pengguna dapat dengan bebas berkomunikasi secara aman dengan WhatsApp.