ArenaLTE.com – Kehadiran Android 7.0 Nougat dan fitur terbarunya bukanlah sekedar kabar terbaru yang dibawa Google untuk penggunanya. Di sisi lain, perusahaan internet raksasa Amerika ini ternyata memiliki rencana yang lebih terstruktur untuk masa depan sistem operasi robot hijau Android kembangannya. Dalam sebuah pernyataan perusahaan mengungkapkan akan merilis pembaharuan sistem operasi dengan lebih terstruktur, mengartikan bahwa Google akan terus konsisten menghadirkan update OS Android dalam skala waktu tertentu yang sesuai jadwal.

Menurut Wakil Presiden Google Research, Dave Burke, mengungkapkan bahwa pembaharuan terstruktur akan ditetapkan dalam jadwal triwulan untuk Android Nougat. Bahkan, untuk langkah update OS Android ini perusahaan sudah melakukan langkah pertama yang akan memberikan pembaharuan rilis untuk Nougat, dalam waktu dekat.

Langkah pertama yang dilakukan Google terhadap Nougat adalah pembaharuan untuk menghadirkan fitur preview developer, yang akan hadir dalam musim gugur ini. Namun sayangnya pernyataan ini tidak dijelaskan Burke dengan lebih spesifik. Sehingga kehadiran fitur terbaru tersebut tidak jelas waktu lengkapnya, apakah akan masuk dalam hitungan kuartal berapa.

Langkah awal sebagai komitmen Google yang akan melakukan update OS Android sesuai jadwal triwulannya nanti, tidak juga menjelaskan apakah pembaharuan tersebut akan diberikan pada Nexus atau perangkat lainnya. Tidak ada keterangan dari perusahaan akan nama perangkat yang akan mendapatkan pembaharuan ini. Pun demikian, pernyataan dari Burke akan update OS Android yang akan lebih terstruktur diharapkan bisa memberikan efek lebih kepada perangkat atau pengguna itu sendiri.

Update OS Android yang dikabarkan akan hadir secara terjadwal memang masih menjadi banyak pertanyaan. Pasalnya, Google sepertinya perlu menyiapkan atau menyusun secara detail mengenai peta giliran update baik untuk OEM, operator, maupun pihak lainnya yang menghadirkan perangkat Android. Kabar pembaharuan ini pun belum dijelaskan perusahaan apakah hanya untuk Nougat atau OS Android lain di bawahnya. Namun kita lihat saja nanti.