ArenaLTE.com – Setelah penantian panjang, akhirnya para pemilik perangkat besutan Apple seperti iPhone dan iPad bisa mengupdate sistem operasinya. Sesuai janjinya, Apple resmi merilis update iOS 10 yang mulai tersedia untuk beragam model iPhone dan iPad. Versi baru ini membawa sejumlah perubahan fungsi dan tampilan yang cukup radikal. Oh ya, watchOS 3.0 juga tersedia buat pengguna Apple Watch.

iphone 7Notifikasi ‘New software update’ pada iOS biasanya tidak akan muncul mendadak setelah ketersediaan update-nya diumumkan. Tapi kalau kalian memang sudah tidak sabar, coba saja ‘panggil’ sendiri update iOS 10 ini dengan membuka Setting lalu arahkan ke General -> Software Update.

ios 10 tersediaBukan rahasia lagi jika Apple memang sangat memperhatikan dukungan terhadap perangkat besutannya. Ada cukup banyak perangkat iPhone dan iPad yang kompatibel dengan update iOS 10 yang baru rilis ini. Antara lain:

  • iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5
  • iPad Pro 12.9-inch, iPad Pro 9.7-inch, iPad Air 2, iPad Air, iPad 4th generation, iPad mini 4, iPad mini 3, iPad mini 2
  • iPod touch 6th generation


ios 10 picJika kalian memiliki satu atau lebih perangkat yang sudah mendukung di atas, buruan update iOS 10-nya. Tapi kalian harus bersabar saat mendownload karena file yang harus diinstal sangat besar, yakni 1.1GB. Jadi lebih cepat lebih baik untuk mengupdatenya dari sekarang jika pop up sudah muncul di perangkat kalian.

Sayangnya, dari sekian perangkat yang mendukung update iOS 10 ini, pengguna iPhone 4s tidak akan bisa menikmatinya.

Seperti diketahui, platform terbaru iOS 10 diklaim sebagai rilis terbesar iOS sejak pertama kali meluncur. Dan, Apple mencatat 10 fitur utama yang diklaim sudah mengalami penyempurnaan selama presentasi mereka.

Mulai dari User interface atau antarmuka yang dirancang ulang. Kemudian update dari Siri yang sudah lebih canggih. Dukungan terhadap keyboard yang lebih efektif dan efisien, serta penyempurnaan aplikasi foto. Pada iOS 10, aplikasi Maps atau peta mendapat suntikan layer,  panduan lebih pintar dan proaktif. Apple juga menyegarkan tampilan Apple Music, News dan menjadikan aplikasi home lebih bertenaga.