ArenaLTE.com – Google memberikan kejutan dengan meluncurkan versi terbaru Android N untuk kalangan developer. Peluncuran update Android N untuk Developer Preview ini memang cukup mengejutkan, karena baru di tahun ini Google meluncurkan preview dari sistem operasi terbaru mereka tersebut kepada para developer sebelum dirilis secara resmi. Padahal rencana sebelumnya Google tidak akan membicarakan mengenai Android N hingga acara I/O developer conference pada bulan Mei mendatang.

Menurut keterangan resmi Google, dengan memperkenalkan preview awal update Android N yang masih dalam proses pengembangan kepada para developer ini Google memiliki lebih banyak waktu untuk mendapatkan respon balik tentang OS Android N terbaru dari para developer. Termasuk memberikan kemudahan bagi para vendor yang dapat mencoba OS Android N terbaru lebih cepat untuk dicoba dengan smartphone yang akan dibuat. Berikut ini fitur terbaru Android N :

multi windows Android NMulti-window Android N

Fitur yang paling menjadi andalan dari Android N yaitu Multi-windows (split screen), yang memungkinkan kita untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan menampilkannya berdampingan dalam satu layar smartphone atau tablet. Developer juga bisa secara spesifik menentukan ukuran minimal dari tampilan layar untuk setiap aplikasi yang tampil, hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna membuat jendela aktifitas aplikasi yang belih kecil dari ukuran tersebut.

Perubahan tampilan multi windows ini mirip ketika kita beralih dari tampilan mode landscape ke mode portrait. Pada tablet multi screen akan tampil bersebelakan kan dan kiri, sedangkan pada smartphone multi screen akan tampil atas dan bawah kecuali mengubah mode smartphone menjadi landscape maka multiwindows akan tampil bersebelahan kanan dan kiri. Kita juga bisa melakukan pengaturan dan konfigurasi sendiri, atau dapat memungkinkan sistem untuk menghentikan aktifitas dan menampilkan dimensi yang baru.

Membalas langsung Lewat Notifikasi

Sebuah fitur terbaru yang diambil dari Android Wear yaitu The RemoteInput notification API kini juga dihadirkan dalam smartphone melalui Android N. Tambahan fitur ini memungkinkan kita untuk langsung membalas notifikasi yang muncul baik itu pesan atau lainnya dengan cepat dan mudah tanpa harus meninggalkan tampilan notifikasi yang meuncul tersebut.

Update Android N (3)Atasi Banjir Notifikasi Dengan Menggabungkan Notifikasi Yang Sama

Android N akan memberikan developer sebuah fitur baru untuk mengatasi banyaknya berbagai notifikasi yang masuk dari aplikasi yang memang cukup cerewet mengingatkan pengguna smartphone. Kini dengan Android N, ketika kita menerima beberapa notifikasi dari aplikasi yang sama, mereka dapat dikelompokkan bersama-sama. Hal ini mungkin terdengar akrab bagi pengguna Inbox dengan mengelompokkan pembicaraan dalam sebuah email.

Alih-alih menampilkan semua notifikasi yang banyak, dengan pengelompokkan yang sama ini akan diwakili oleh sebuah notifikasi saja dan untuk menghilangkannya cukup menghapus bundle (kelompok) notifikasi terbseut. Cara ini akan berguna untuk mengurangi banjir notifikasi di smartphone khusunya aplikasi yang selalu mengirim notifikasi yang sangat banyak bahkan hingga informasi kecil seperti misalnya Facebook, dll.

Update Android N (3)Lebih Efisien

Pada Android M (Marsmallow) yang sudah digunakan oleh sekitar 2,3 persen perangkat Android saat ini, diluncurkan sebuah fitur bernama Doze untuk menghemat konsumsi baterai. Kini di Android N fitur Doze ini memiliki tambahan kemampuan menghemat baterai setiap kali layar smatphone dimatikan. Jika sebelumnya sudah menggunakan Doze dengan melakukan pengaturan GCM high priority message untuk notifikasi penting maka kalian sudah siap.

Google juga terus berinvestasi dalam Project Svelte yang berguna untuk mengurangi kebutuhan memori sehingga di Android N bisa bekerja secara background dengan lebih efisien. Jika kalian sudah menggunakan Job Scheduler untuk mengatasi kinerja background, kalian sudah di jalur yang benar. Jika belum, maka saatnya beralih ke Android N.

Peningkatan Dukungan Java 8 language

Fitur Java 8 language kini sudah hadir kedalam Android. Dengan Android’s Jack compiler kita bisa menikmati berbagai fitur Java 8 language seperti Seperti misalnya default and static methods, streams, dan functional interfaces kini sudah tersedia dalam Android N.

Update Android N (2)Cara Mendapatkan update Android N

Lalu, bagaimana kita bisa mendapatkan update Android N? Jika kalian tidak masalah dengan kinerja yangbelum sempurna dari Android N karena masih dalam tahapa pengembangan, Google akan memberikan akses sign up untuk melakukan update Over The Air (OTA) dan tentu saja kalian harus menggunakan perangkat Nexus.

Update Android N ini juga tersedia untuk Nexus Google 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9 dan perangkat Pixel C. Satu perangkat hilang di sini adalah Nexus 5. Setelah kalian memperbarui perangkat Anda, Google juga akan terus mendorong kita melakukan update baru untuk setiap rilis versi OS yang terbaru.

Yang cukup mengejutkan yaitu Google seperti terburu-buru mendorong hadirnya Android N, padahal Sistem operasi versi Android M (Marshmallow) yang paling baru saja baru digunakan oleh kurang dari 3 persen smartphone kini sudah mulai memperkenalkan Android N. Dan satu hal yang pasti dan belum terungkap adalah misteri nama dibalik huruf “N”. Menurut banyak rumor yang beredar adalah Nutella namun Google belum memberitahukan nama makanan apakah si “N” ini?