ArenaLTE.com – Sudah bukan rahasia lagi jika Android 6.0 Marshmallow resmi menyisip dalam jajaran Nexus terbaru. Kini giliran Google memenuhi kewajibannya menyuntikkan update Android Marshmallow ke dalam handset Android One. Buat yang belum mengenal Android One, ponsel ini adalah seri entry level yang didukung fitur memadai dengan berbagai nilai tambah. Targetnya adalah konsumen di negara berkembang.

Hardware perangkat Android One dikembangkan oleh produsen smartphone menggunakan standar dan desain yang disyaratkan oleh Google. Pemasaran dari device ini juga menjadi tugas Google dimana mereka berharap setelah seseorang membeli handset Android One maka mereka akan bertahan selama mungkin memakainya. Handset ini didukung update berkala selama dua tahun. Salah satunya tentu saja update Android Marshmallow.

Karena ponsel Android One dijejali dengan stock ROM Android seperti layaknya Nexus, maka nantinya akan berada di jajaran terdepan saat update terbaru Android dirilis (langsung dari Google). Dan update Android Marshmallow salah satunya. OS versi baru ini sendiri didukung berbagai fitur baru seperti pencarian yang berhubungan dengan konteks Now on Tap and daya tahan baterai lebih baik berkat Doze dan App Standby.

Doze menjaga baterai ponsel tetap irit dengan cara menghindarkannya terkoneksi ke jaringan. Sementara App Standby memungkinkan aplikasi masuk ke mode sleep saat tak dipakai. Artinya tak ada update di background dan tugas yang terjadwal dimatikan.

Android 6.0 juga menambahkan dukungan standar untuk pemindai sidik jari. Aplikasi akan meminta ijin menggunakan beberapa fitur atau sebagian ponsel, sebelum fitur dan spesifikasi tertentu bisa dipakai. Marshmallow juga mendukung pengiriman data super cepat serta pengecasan baterai menggunakan USB Type-C. Kemampuan muti tasking pun sudah ditingkatkan.

Salah satu smartphone yang sudah kebagian update ini adalah Spice Dream Uno. Ukuran file update Android Marshmallow yang dikirim ke ke Android One tersebut sekitar 337.9MB. Sebisa mungkin kita harus terkoneksi ke jaringan Wifi saat mendowload dan menginstalnya. Ingat, kita juga harus mengecas baterai sampai 50 persen dulu.

Karena update Android 6.0 dikirim OTA, maka butuh waktu beberapa hari sebelum datang. Ayo tunggu apalagi, jika kamu pemilik Android yang belum mendapat notifikasi update segera download secara manual dengan masuk ke pilihan Settings > About phone > Software updates.

Comments

  1. […] Sebagai langkah lanjutan terhadap fragmentasi smartphone Android, Google nantinya akan merancang update keamanan untuk sistem operasinya, yang umumnya menerbitkan pada jadwal bulanan. Namun sebagian besar perangkat Android yang dibangun oleh produsen lain, seperti Samsung dan Xiaomi dan ratusan pembuat smartphone lainnya kerap tidak mengacu pada jadwal Patch dari Google. Mereka harus menguji dan mengoptimalkan pembaruan keamanan untuk versi Android mereka sendiri, dan dalam banyak kasus operator akan melalui proses yang sama untuk perangkat mereka secara khusus guna mengotorisasi jaringan mereka. Baca: Kabar Gembira, Pengguna Android One Sudah Bisa Update Marshmallow! […]