ArenaLTE.com – Operator telekomunikasi asal Hongkong, HKT dan Huawei mengklaim telah berhasl melakukan ujicoba perdana teknologi jaringan 4.5G LTE, dengan kecepatan yang tembus hingga 1Gbps. Pengujian ini berlangsung pada ajang Global Mobile Broadband Forum 2015 di Hong Kong.

Teknologi 4.5G sendiri merupakan evolusi terbaru dari platform jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). Kesuksesan uji jaringan ini tentu tak bisa dilepaskan dari keberadaan vendor, dalam hal ini Huawei Networks.

4.5G dapat digelar dengan mulus dan disaksikan hingga mencapai kecepatan puncak download 1,2 Gbps. Ini merupakan tonggak penting menuju ketersediaan komersial 4.5G, yang diharapkan akan ditawarkan komersial pada tahun 2016.

Baca artikel lengkap : Tahun 2018, 1 Miliar Pengguna Nikmati Layanan 4G VoLTE

HKT dikenal sebagai pelopor penyedia layanan mobile broadband di Hong Kong. HKT meluncurkan dua komponen carrier (2cc) agregasi carrier (CA) jaringan pertama Hong Kong pada tahun 2014, yang menawarkan kecepatan download untuk single-user hngga 300Mbps.

Awal tahun ini, HKT dan Huawei menunjukkan  IP-RAN pertama berbasis 3cc CA pertama di dunia dengan level kecepatan single-user 450 Mbps. Hari ini demonstrasi memperkenalkan 4CC CA jaringan pertama di dunia, dengan kecepatan download puncak yang 2,6 kali lebih cepat dari rekor CA jaringan 3cc terdahulu.

Dengan diperkenalkannya teknologiLTE  4.5G, operator bakal mampu meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung proliferasi komunikasi mesin-ke-mesin (M2M)  dan Internet of Things (IoT), serta aplikasi mobile internet generasi baru, seperti mereka yang menggunakan kacamata virtual reality dan teknologi pesawat nirawak (drone).

Sebagai salah satu kota yang paling maju di dunia, Hong Kong tercatat berada di barisan depan dalam implementasi  teknologi komunikasi wireless. Tingkat penetrasi mobile yang ada di sana tercatat berada pada lebih dari 220 persen dan layanan data nirkabel telah tumbuh delapan kali lipat dalam lima tahun terakhir.