ArenaLTE.com –  Kecepatan akses internet menjadi salah satu syarat utama dalam menikmati layanan video streaming Netflix dengan nyaman. Jadi tidak mengherankan jika Netflix cukup terobsesi dengan kecepatan internet penggunanya. Setelah sebelumnya meluncurkan fitur cara menghemat data internet, kini Netflix meluncurkan Fast.com sebuah situs yang bisa digunakan untuk menguji kecepatan akses internet kita dengan cepat dan mudah.

Meskipun agak mirip dengan layanan penguji kecepatan akses internet secara online lainnya seperti Speedtest.net yang memiliki informasi lebih mendetail, layanan Fast.com ini terlihat sederhana tanpa ada iklan, ,tanpa ada plug in tambahan lainnya bahkan tidak ada fitur untuk mengecek kecepatan akses upload, hanya kecepatan download saja.

Penyedia layanan video streaming sekelas Netflix  ingin penggunanya selalu mengetahui kecepatan akses internet yang dimilikinya. Hal ini diungkapkan VP Netflix David Fullagar melalui situs resminya bahwa uji kecepatan akses internet di buat sangat mudah sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui smartphone, dektop  atau perangkat akses broadband lainnya di seluruh dunia. Layanan ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengetahui peramasalahan yang terjadi ketika pengguna tidak bisa mengakses layanan Netflix.

Lebih jauh David menjelaskan bahwa meskipun sudah ada layanan penguji kecepatan seperti Speedtest.net, ternyata masih banyak pengguna internet yang belum mengerti bagaimana cara mengukur kecepatan akses internet yang mereka miliki dengan tampilan yang cukup rumit. Oleh karena itu Fast.com hadir dengan tampilan sederhana, mudah digunakan.

fast.com netflixDi fast,com tidak ada hasil tes lainnya seperti ping, latency, jitter atau upload. Hanya kecepatan download yang langsung tampil dilayar, dan Netflix mengungkapkan bahwa kebanyakan konsumen memang hanya memerlukan informasi kecepatan download saja. Kecepatan akses download langsung tampil langsung dengan angka yang besar.

Diungkapkan juga bahwa Fast.com  ini memang bukan alat untuk mendiagnosa kecepatan akses internet secara mendetail yang dibutuhkan oleh para analis dan teknisi, kita hanya ingin pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkannya berupa kecepatan akses download dari provider yang digunakannnya.