Empat bulan yang lalu, Twitter membuat gebrakan dengan merilis aplikasi live broadcast Periscope. Saat ini Periscope telah tersedia dalam versi Android maupun iOS yang dapat diunduh melalui Google Play dan App Store. Respon pengguna terbilang cukup bagus. Mulai banyak yang memanfaatkan fitur Periscope untuk menggelar siaran langsung secara instant dari ponsel. Twitter menyebut Periscope telah digunakan jutaan orang di dunia, termasuk tokoh-tokoh terkenal di Indonesia, antara lain Agnes Monica (@AgnezMo), Shireen Sungkar (@ShireenSungkar), Luna Maya (@LunaMaya26), Tasya Kamila (@tasyakamila), dan Raisa (@raisa6690).

Menjelang akhir Juli ini, Twitter memperbarui fitur Periscope yang akan membuat pengalaman pengguna lebih berkesan. Berikut ini ulasannya:

Notifikasi Mute

Kini tersedia pilihan “Mute” untuk setiap pengguna yang Anda follow di Periscope. Ketika kita Mute seseorang, siaran mereka tetap tampil dalam feed, namun kita tidak akan menerima push notification ketika mereka melakukan siaran langsung. Push notification merupakan saluran komunikasi yang berguna, namun terkadang bisa cukup mengganggu di mata pengguna tertentu. Kemudian Twitter menambahkan fitur ini yang memberikan kendali penuh terhadap notifikasi yang masuk, namun pengguna tetap dapat leluasa untuk melihat semua konten yang muncul di akun Periscope mereka. Fitur ini akan segera diluncurkan untuk platform Android.

Global Feed yang Lebih Baik

Global feed memungkinkan pengguna menemukan konten menarik dari pengguna lain di seluruh dunia. Twitter memperbarui fitur Periscope dengan feed baik di iOS maupun Android untuk mempermudah pengguna menemukan siaran berkualitas yang ingin mereka nikmati. Di bagian pengaturan profil, pengguna kini juga dapat memilih bahasa. Ini berpengaruh terhadap global feed (sesuai aturan awal, kami akan memilih bahasa berdasarkan pengaturan bahasa perangkat pengguna). Kami harap update ini dapat mempermudah pengguna mencari siaran yang menarik di Periscope.

Statistik Siaran Pengguna

Di akhir siaran, sebuah panel akan muncul dan menampilkan beberapa informasi mengenai siaran pengguna (termasuk total time watched). Sebelumnya, informasi ini hanya dapat dilihat sesaat setelah siaran berhenti. Kini, saat melihat kembali siaran sebelumnya, statistik ini akan selalu tersedia.

iOS 8 Handoff

Kini pengguna dapat memulai menonton siaran di satu perangkat dan melanjutkannya di perangkat yang lain dengan mulus. Pengguna harus memastikan perangkat mereka menggunakan sistem operasi iOS 8+ atau OS X, konektivitas Bluetooth yang aktif, dan telah log-in di akun iCloud yang sama. Fitur ini berguna ketika pengguna menonton siaran via Desktop dan ingin melanjutkannya di perjalanan menggunakan perangkat mobile (dan sebaliknya).