ArenaLTE.com – Mendekati hari perayaan tahun baru China yang akan dirayakan masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, situs mikro blogging Twitter menghadirkan ikon emoji baru yang unik. Ikon dengan bentuk amplop angpau berwarna merah ini akan muncul secara otomatis ketika pengguna menuliskan tagar #imlek dalam tweet.

Gambar amplop angpau berwarna merah memang identik dengan perayaan Imlek yang biasanya melambangkan keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Emoji #imlek ini akan dapat digunakan hingga 23 Februari mendatang.

Perusahaan memberi alasan hadirnya emoji khusus ini adalah karena ada lebih dari 1,3 miliar masyarakat Tionghoa di seluruh dunia yang akan merayakan Tahun Baru Cina yang jatuh pada tanggal 8 Februari mendatang. “Banyak dari pengguna tentunya akan mengucapkan selamat #imlek kepada keluarga, kerabat, serta teman-teman melalui Twitter,” ujar Teguh Wicaksono, Partnership Manager Twitter Indonesia.

Uniknya, #imlek bukan satu-satunya tagar khusus untuk perayaan Tahun Baru China. Pihak Twitter mengungkapkan bahwa emoji untuk #imlek lebih ditujukan untuk pengguna Indonesia karena istilah tersebut lebih familiar di Tanah Air. Sementara untuk pengguna global, ada beberapa tagar berhubungan dengan Tahun Baru China yang memiliki emoji khusus yaitu #ChineseNewYear,  #HappyChineseNewYear,  #HappyCNY,  #GongXiFaCai, #KungHeiFatChoy, dan #CNYfortune.

Selain menampilkan ikon angpau tersebut, pengguna juga diajak untuk menggunakan horoskop yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mencari tahu keberuntungan di tahun yang akan datang. Pengguna dapat melakukannya langsung melalui Twitter. Caranya cukup mudah, cukup mengirim Tweet dengan menunjukkan tahun kelahiran (misalkan: #1990), diikuti dengan tagar #CNYfortune. Setelah itu akan menerima balasan yang berisi ramalan keberuntungan pengguna di Tahun Monyet berdasarkan shio pengguna.

Tak hanya itu, perayaan Imlek juga dimeriahkan Twitter Indonesia yang berkolaborasi dengan Ernest Prakasa (@ernestprakasa). Komedian berdarah Tionghoa ini akan mempersembahkan sesi stand-up comedy spesial #imlek via Periscope pada 8 Februari, pukul 16.00 WIB. Sesi ini juga akan dapat dihadiri oleh 10 orang beruntung untuk menyaksikannya secara langsung.