ArenaLTE.com – Media sosial Twitter telah menjadi bagian penting bagi netizen Indonesia untuk berbagi cerita setiap harinya selama bulan Ramadan. Sebagai platform untuk melakukan live conversations, live connections, dan live commentary; perusahaan mengungkapkan terdapat setidaknya 10,7 milyar Tweet impressions yang terkait dengan Ramadhan dari seluruh dunia selama satu bulan terakhir.

Dengan kata lain, Tweet yang terkait dengan Ramadhan telah dilihat setidaknya 10,7 milyar kali oleh pengguna di berbagai negara. Pengguna Twitter di Timur Tengah tergolong sangat aktif berbagi aktivitas terkait Ramadhan. Tercatat di kawasan tersebut, terdapat 7,1 tweet mengenai Ramadhan. Sementara itu Indonesia menjadi negara ke-2 terbesar paling cerewet untuk percakapan tersebut.

twitter-idulfitri

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, masyarakat Indonesia berbagi cerita Ramadan mereka dengan fitur foto-video Twitter. Dari berbagi informasi tentang tempat terbaik untuk buka puasa, foto menu sahur mereka, hingga video perjalanan.

Setelah bulan puasa usai, untuk merayakan Hari Kemenangan, Twitter pun merilis emoji spesial. Pengguna hanya perlu menggunakan tagar #lebaran atau #idulfitri di dalam Tweet, dan akan ada ikon Masjid yang muncul setelahnya.

Sebagai platform untuk berekspresi, Twitter juga telah menjadi kanvas bagi masyarakat Indonesia untuk berbagi pengalaman di bulan suci dan tradisi pulang kampung dengan fitur foto-video Twitter, termasuk Vine dan Periscope.

Selain berkolaborasi dengan delapan partner untuk akun @ramadhan, Twitter Indonesia juga bekerjasama dengan @pulkam. Akun ini adalah sebuah komunitas yang telah menggunakan Twitter sejak 2009 untuk berbagi cerita tentang perjalanan pulang kampung dan perayaan Lebaran melalui foto, video, Periscope, dan juga Vine.