ArenaLTE.com – Tren pertumbuhan transaksi penggunaan layanan digital Telkomsel di Area Jabodetabek dan Jabar menunjukkan tren positif. Wilayah perkotaan yang sudah matang seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, maupun Tangerang merupakan yang paling tinggi konsumsi datanya.

Hal itu diungkapkan Singue Kilatmaka, Supervisor Corporate Communications & Integrations Telkomsel area Jabodetabek saat media gathering di Batam (18/11). “Peningkatan yang rata-rata di atas 30% menjadi indikasi kuat tumbuhnya kepercayaan pelanggan mengadopsi layanan digital,” ujar Singue.

Oleh karena itu, dengan dukungan infrastrukrur 4G LTE yang makin memadai, Telkomsel semakin fokus di layanan digital. Operator pelat merah ini mencatat peningkatan signifikan terhadap sejumlah layanan digital sejak awal tahun ini.

Yossie Hamdeny, GM Legal & Stakeholder Management Telkomsel Area Jabodetabek Jabar (kiri) & Singue Kilatmaka, Spv Corpcomm & Integrations Telkomsel Area Jabodetabek Jabar (kanan)

Transaksi layanan digital, lanjut Singue, meningkat sekitar 87% dibanding periode yang sama tahun lalu.”Live streaming adalah aktivitas paling disukai konsumen saat ini yang traffic datanya paling tinggi, semakin meningkat di malam hari terutama jam 9 malam sampai jam 1 pagi,” ungkapnya.
Selain video streaming, musik streaming pun meningkat pesat. Termasuk layanan milik Telkomsel Langit Musik yang pertumbuhannya mencapai 456%.

Adopsi layanan TCASH di area Jabodetabek dan Jabar juga meningkat pesat. Pertumbuhannya mencapai 56% dengan total pengguna mencapai 286 ribu. Begitupun dengan pembelian konten digital di Google Play Store melalui pulsa yang meroket hingga 242%.