ArenaLTE.com – Momen liburan natal dan tahun baru menjadi tantangan sediri bagi para operator penyedia layanan komunikasi dan data internet seluler. Karena biasanya terjadi lonjakan trafik komunikasi yang sangat tinggi selama momen tersebut. Operator seluler Tri menyatakan kesiapannya menghadapi lonjakan trafik tersebut melalui seluruh jaringan dan infrastruktur Tri jelang natal dan tahun baru ini.

Menurut Desmond Cheung, CTO Hutchison 3 Indonesia dalam keterangan resminya kepada ArenaLTE.com mengungkapkan bahwa Tren yang terjadi selama 4 tahun terakhir adalah terjadinya peningkatan data khususnya pada penggunaan OTT messaging dan sosial media. Diperkirakan trafik OTT messaging dan sosial media akan meningkat hingga 70% dari biasanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan jaringan Tri jelang natal dan tahun baru ini, Tri telah mempersiapkan jaringan dan infrastruktur, serta  memastikan semua layanan dapat beroperasi dengan baik sehingga pelanggan Tri data tetap berkomunikasi dan akses internet menggunakan layanan 2G, 3G dan 4G, khususnya di kota kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata.

Operator seluler Tri sendiri sebelumnya baru mengomersialkan layanan 4G di enam kota saja, antara lain Jakarta, Bandung, Batam, Pontianak, Bali, dan Makassar. Dan hingga akhir tahun ini sudah menambah cakupan (coverage) jaringan 4G di 15 kota di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini.

Peningkatan kualitas jaringan juga telah dilakukan sepanjang jalur pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak malam pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti mal, terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api.

Untuk menunjang peningkatan lonjakan ini, Tri juga menempatkan mobile BTS di pusat pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun. Di hari biasa diluar Hari Raya Natal dan Tahun Baru, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai sekitar 1.700-1800 TB (Terabyte) per hari. Dan bagi pelanggan Tri yang akan berlibur ke luar negeri, Tri juga menghadirkan paket internet luar negeri mulai IDR 20.000 per hari.