ArenaLTE.com – Sebagai bagian dari upaya ekspansi kapasitas dan optimalisasi layanan telekomunikasi selular, PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) meresmikan data center yang berlokasi di STO Telkom Sentul. Ekspansi Data Center ini didirikan sebagai implementasi kerja sama kolokasi H3I dengan Telkom.

Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur H3I mengatakan ekspansi data center ini merupakan wujud komitmen dalam menghadirkan layanan terbaik untuk pelanggan Tri. “Kemitraan kami dengan Telkom sangat menunjang komitmen kami ini, khususnya bagi operasional pengelolaan infrastruktur kami. Ke depannya kami berharap  dapat memanfaatkan lebih banyak lagi layanan Telkom sebagai fasilitas tambahan untuk melayani seluruh pelanggan Tri,’ ujar Randeep.

data-center-tri-di-telkom

Data Center Sentul merupakan data center ke-3 Tri di wilayah Jabodetabek setelah Menara Mulia dan Plaza Kuningan,  yang berlokasi di Jakarta. Ekspansi data center ini berfungsi sebagai pusat integrasi jaringan IT dan  network, dan sekaligus sebagai Disaster Recovery Center (DRC) yang sebelumnya telah juga didirikan di Menara Mulia dan Plaza Kuningan.

Ekspansi data center ini diklaim salah satu upaya Tri meningkatkan kapasitas dan kualitas  layanan telekomunikasi selular baik untuk layanan data, telepon dan SMS bagi pelanggan. Data Center Sentul ditempakan di gedung dan lahan seluas 758 meter2 STO TELKOM. Tahap selanjutnya dari kerja sama ini adalah untuk penempatan sarana telekomunikasi lainnya seperti Metro Ethernet, IP Transit yang akan mendukung operasional Data Center Sentul kedepannya. “Tri sangat terbuka dengan kemitraan dengan operator telekomunikasi lainnya yang dapat menunjang operasional infrastruktur dan optimalisasi layanan, serta menciptakan iklim efesiensi di Industri sejalan dengan himbauan pemerintah,” tutup Randeep.

Sebagai informasi, pelanggan Tri hingga akhir 2015 mencapai 55.5 juta, dengan penetrasi pengguna smartphone yang sangat tinggi yaitu hampir 80%.  Jaringan Tri telah melayani trafik data sekitar 1200-1300 Tb per harinya atau 40.000 Tb per bulan, yang membawa Tri menjadi operator dengan trafik data terbesar ke-2 di Indonesia.