AreneLTE.com – Kehadiran HTC One M8 pada waktu pertama kali rilis telah membuktikan bahwa pasar smartphone high-end ke depan adalah perihal tentang kamera. Hal tersebut pun dipertegas dengan kehadiran seri terbaru iPhone 7 Plus. Beberapa kabar menyebutkan bahwa seri terbaru ini akan hadir dengan dua lensa utama di bagian belakang ponsel, dan akan menjadi tren pasar smartphone high-end.

Seperti dikutip dari laman Phonearena, Kamis (4/2/2016), Sony mengkonfirmasi bahwa Apel akan menggunakan teknologi miliknya, pada kamera iSight yang dibenamkan di iPhone 7 Plus. Namun, tidak sedikit yang menyebutkan bahwa ada dua kamera utama turut dibenamkan oleh perusahaan asal Cupertino pada seri terbarunya nanti.

Sony juga kerap menyebutkan bahwa saat ini, hampir semua produsen smartphone besar akan menggunakan teknologi dua lensa pada produk besutannya. Hal tersebut dipertegas oleh Kenichiro Yoshida, CFO Sony yang menjelaskan bahwa penggunaan dua lensa, akan menjadi ramai di pasar smartphone saat ini dan mendatang.

Dirinya juga menambahkan, permintaan terhadap teknologi dua lensa tersebut adalah terjadi karena dampak negatif dari perlambatan pasar smartphone hihg-end 2016. Penggunaan teknologi dua lensa pada kamera smartphone, menjadi harapan para brand besar untuk meningkatkan nilai jual produk besutannya yang akan dimulai pada 2017 mendatang.

Seperti diketahui sebelumnya, Apple tidak memiliki riwayat dalam produk iPhone yang memiliki dua kamera belakang. Semua produk terbaru iPhone, dihadirkan dengan penyegaran pada fitur kamera saja, seperti halnya fitur optical image stabilization (OIS). Maka tak salah, Kenichiro Yoshida memprediksi bahwa smartphone high-end 2017 akan diramaikan dengan teknologi dua kamera belakang.

Pernyataan Yoshida juga diperkuat dengan kehadiran smartphone generasi terbaru Samsung lainnya, kabarnya Galaxy S7 akan hadir dengan dua lensa belakang. Sehingga pasar smartphone dengan teknologi dua lensa, sepertinya memang akan menjadi kenyataan dan tren kedepan di 2017 dari para produsen ponsel pintar.