ArenaLTE.com – Jurang pemisah antara iOS dan Android sepertinya sedikit berkurang, karena hubungan antara Apple dan Android sepertinya semakin terjalin diantara keduanya dengan bisa dilakukannya transfer data dari iPhone ke Android. Selama tahun 2015 lalu saja banyak sekali aplikasi buatan Apple yang diluncurkan ke Google Play Store. Dan salah satu aplikasi tersebut yaitu Apple Music yang cukup populer.

Aplikasi buatan Apple lainnya yang tersedia di Google Play Store yaitu aplikasi utility untuk memindahkan data masuk ke iPhone dari berbagai sistem operasi perangkat lain yang digunakan. Aplikasi ini mempermudah pengguna Android untuk pindah ke iPhone, dengan hadirnya aplikasi ini CEO Tim Cook mengungkapkan bahwa 30 persen dari pengguna iPhone baru selama Q4 2015 datang dari pengguna Android yang pindah ke iPhone.

Dan kini, Apple sepertinya mendapatkan tekanan dari berbagai pihak untuk meluncurkan sebuah software yang memiliki fitur untuk transfer data dari iPhone ke Android atau ke perangkat lain. Hal ini akan memudahkan bagi kita yang ingin berpindah dari iPhone ke Android. Seperti yang dilansir oleh Telegraph, Apple sendiri telah menyetujui untuk mengembangkan software dan aplikasi untuk memindahkan data seperti musik, foto dan kotak ke perangkat Android.

Permintaan ini didorong oleh berbagai operator seluler yang sangat tergantung pada Apple iPhone karena dominasinya di pasar high-end. Operator ini juga berpendapat bahwa sulitnya memindahkan berbagai data keluar dari itunes dan platform Apple ini yang menyebabkan pengguna iPhone banyak berpindah ke platform lain termasuk Android.

Belum ada informasi yang pasti mengenai kapan hadirnya aplikasi transfer data dari iPhone ke Android ini, namun yang perlu kita pahami bahwa tidak akan butuh waktu lama bertahun-tahun untuk mengembangkan sebuah aplikasi tools transfer data antar berbagai sistem operasi ini.

Namun bisa dipastikan jika aplikasi transfer data dari iPhone ke Android ini hadir akan banyak terjadi migrasi dari para pengguna iPhone ke Android. Dan cukup sulit untuk membayangkan bahwa Apple akan dengan mudah melakukan sebuah langkah penting yang dapat mengganggu posisinya di pasar smartphone.