ArenaLTE.com – Pemblokiran akses pada aplikasi kini telah menjadi tren. Alasan pemblokiran pun beragam, mulai dari sang provider yang tak tunduk pada ketentuan regulator telekomunikasi negara yang bersangkutan, sampai urusan politik dan kompetisi industri. Facebook sebagai pemilik aplikasi media sosial paling kondang sejagad belakangan cukup gerah dengan beberapa kali terkena ‘serangan’ blokir dari negara-negara dunia ketiga.

Menghadapi ‘tekanan’ yang aslinya bersifat politis, Facebook pun tak gentar, apalagi sejatnya layanan-layanan ini justru mendapat dukungan dari warga negara. Dikutip dari Ubergizmo.com (19/1/2016), jejaring sosial besutam Mark Zuckerberg ini baru saja memperbarui aplikasi mobile miliknya dengan tools yang bisa menembus bermacam-macam pemblokiran.

Situs ini tidak secara spesifik mengatakan pembaruan aplikasi berisi alat anti-blokir itu bertujuan menggaet pengguna dari negara-negara yang menyensor internet dengan ketat. Namun pembaruan aplikasi itu memang bisa menembus sensor yang disematkan dalam jaringan seluler, sehingga dapat dimanfaatkan penduduk di negara bersangkutan.

Bila berhasil menembus China dan Iran, Facebook akan mendapatkan kesempatan besar untuk berkembang lagi. Kedua negara tersebut, bila digabungkan, memiliki total populasi 1,4 miliar orang. Bayangkan betapa besarnya bila mereka berhasil masuk dan membuat setengah populasi itu aktif di jejaring sosialnya.

Jurus sakti menembus sensor adalah alat bernama Tor. Kini Tor sudah dipasang dalam aplikasi Facebook mobile. Tor merupakan sistem yang dapat mengenkripsi dan memantulkan sinyal internet ke seluruh dunia, sehingga lokasi penggunanya tersembunyi dan identitasnya menjadi anonim. Alat enkripsi tersebut memiliki aplikasi mobile bernama Orbot, dan sudah dikombinasikan dalam Facebook untuk Android.

Pengguna yang ingin menggunakan media sosial itu dengan aman cukup mengaktifkan Orbot melalui menu pengaturan. Sebelumnya, Facebook memang sudah melakukan modifikasi serupa untuk para pengguna desktop. Mereka menciptakan sebuah web khusus yang bisa diakses pengguna browser Tor. Kendati membuat koneksi menjadi anonim dan menyembunyikan lokasi pengakses.