Tips dan Trik Membangun Bisnis Online Menggunakan Smartphone Android

ArenaLTE.com - Di era serba digital sekarang ini, kegiatan belanja, berjualan dan bisnis online tidak hanya bisa dilakukan melalui komputer atau laptop yang terkoneksi ke jaringan internet saja. Kini semuanya menjadi lebih mudah dan simple karena hanya dengan menggunakan smartphone transaksi jual beli bisnis online sudah bisa dilakukan.

Pengguna internet di Indonesia juga terus mengalami peningkatan, dan hal ini didorong oleh tingginya animo masyarakat yang mulai beralih menggunakan smartphone untuk mendukung aktifitas kehidupan mereka sehari-hari, mulai dari pekerjaan, transportasi, memesan makanan dan tentu saja eksis di jejaring sosial.

Perkembangan teknologi smartphone juga terus berkembang semakin canggih dan terjangkau. Akses internet juga semakin mudah di temukan dengan penawaran paket harga yang murah dan akses yang cepat, bahkan mendukung teknologi 4G LTE. Dukungan ekosistem inilah yang mendorong beberapa pelaku usaha untuk mulai memanfaatkan teknologi smartphone untuk digunakan sebagai media jual beli online.

Jadi tunggu apalagi, sudah saatnya kalian mencoba untuk melakukan bisnis online dengan smartphone, karena selain mudah dan fleksibel, calon pembeli kita juga akan merasakan hal yang sama. Berikut ini kami berikan tips dan trik yang akan memudahkan kalian dalam menjalankan bisnis online dengan smartphone. Karena menggunakan smartphone ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu:

Kecepatan akses internet

Sangat penting bagi pelaku usaha online untuk memiliki smartphone dengan kecepatan akses internet yang handal. Karena sekarang sudah memasuki era jaringan 4G LTE, disarankan untuk menggunakan smartphone yang medukung jaringan 4G LTE cat 4 atau cat 6 yang memiliki kecepatan maksimal hingga lebih dari 100 Mbps. Dan tentu saja prosesor yang mumpuni dengan CPU quad-core atau octa-core untuk mengakses konten internet dengan lancar, karena dasar bisnis yang akan kita lakukan secara online. Sudah banyak tersedia dipasaran smartphone 4G LTE yang bisa dijadikan pilihan diantaranya Samsung Galaxy A (2016) yang sudah dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

Bisnis Online SmartphoneMembuat Toko Online

Jaman sekarang, toko online yang kita gunakan tidak harus dengan website atau blog sendiri, dengan smartphone layar lebar kita bisa memanfaatkan situs marketplace yang sudah banyak tersedia seperti Kaskus FJB, Bukalapak, Tokopedia atau OLX. Marketplace yang disebutkan tadi sudah memiliki aplikasi versi smartphone, jadi cukup buka akun milik kita sendiri untuk kemudian bisa langsung menjual produk atau jasa milik kita. Layar lebar sangat bermanfaat untuk melihat tampilan produk lebih leluasa. Disarankan untuk menggunakan smartphone dengan layar yang cukup luas dan tajam, seperti seri Samsung Galaxy A (2016) yang memiliki layar 4,7 hingga 5,5 inchi berkualitas super Amoled Full HD dengan resolusi 1920x1080 piksel.

Gunakan Smartphone dengan Kamera Super

Bisnis online identik dengan kualitas foto produk yang jelas, tujuannya adalah agar pembeli dapat melihat secara detail produk yang dijual. Pasalnya karena tak bisa melihat produk secara langsung, calon konsumen hanya puas dengan foto barang ditambah deskripsi produk yang ada. Disarankan untuk menggunakan kamera smartphone dengan kekuatan lensa diatas 13 Megapiksel. Seri Samsung Galaxy A (2106) misalnya, dengan kualitas kamera 13 Megapiksel yang dilengkapi fitur lensa F1.9 dan Optical Image Stabilization (OIS) mampu menghasilkan foto produk yang berkualitas profesional, meski dalam keadan minim cahaya. Selain itu, kamera depan 5 Megapiksel yang dimilikinya juga bermanfaat ketika kita harus melakukan konferensi video melalui smartphone.

[caption id="attachment_21795" align="aligncenter" width="701"]Ilustrasi wanita pebisnis (Foto: customgrowthgroup.com) Ilustrasi wanita pebisnis (Foto: customgrowthgroup.com)[/caption]

Optimalkan Aktivitas Bisnis dengan Aplikasi Pendukung

Selain fitur dan teknologi bawaan, menjalankan usaha lewat smartphone juga membutuhkan aplikasi pendukung yang mumpuni. Mulai dari untuk memoles hasil foto produk seperti Photoshop Express, Snapseed, atau VSCO; sampai Google Drive beserta Docs, Sheets, dan Slides untuk operasional bisnis atau membuat presentasi. Ada juga Evernote yang bisa digunakan untuk berbagai catatan terkait bisnis online yang dijalankan. Untuk yang membutuhkan, aplikasi seperti Trello, Slack, atau Asana bisa diandalkan untuk pengelolaan project dan komunikasi tim. Sementara untuk menerima pembayaran, pebisnis pemula bisa memaksimalkan aplikasi seperti PayPal atau Square.

Pilih Smartphone dengan Kapasitas Penyimpanan yang Luas

Penyimpanan dalam smartphone menjadi faktor penting yang tidak boleh kita lupakan. Semakin banyak produk maka foto yang disimpan akan semakin banyak, belum lagi dokumen lainnya seperti foto kuitansi pengiriman, sampai berbagai aplikasi pendukung, dan lain sebagainya. Karena semua usaha online yang kita lakukan tersimpan dalam sebuah smartphone, maka disarankan untuk memilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan sangat luas. Seri Samsung Galaxy A (2106) memiliki kapasitas penyimpanan internal 16 GB ditambah dengan dukungan slot microSD yang dapat memperbesar kapasitasnya hingga 128 GB sepertinya bisa jadi solusi yang ideal.

Bisnis Online SmartphoneMaksimalkan Peran Media Sosial, Facebook dan Instagram

Media sosial merupakan salah satu kanal terbaik untuk promosi dan berjualan secara online. Selain membuat toko online di situs marketplace, pastikan kita menggunakan smartphone yang terinstal berbagai aplikasi sosial media. Instal jejaring sosial di smartphone dengan harapan menjaring massa lebih banyak. Antara lain Facebook, Twitter, Instagram, Path, bahkan YouTube. Bila ada notifikasi seputar pertanyaan atau pemesanan di sana, Anda bisa langsung mengetahui dan meresponnya secara cepat.

Maksimalkan kontak person yang kita miliki dan tambah kontak-kontak baru yang relevan dengan produk yang kita jual. Bisa juga sebar nomor telepon, nomor WhatsApp, username aplikasi chat, hingga PIN BlackBerry untuk menjaring konsumen. Layanan Instant Messenger merupakan cara tepat dan cepat untuk berkomunikasi, sehingga kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Pastikan nomor telepon atau aplikasi chatting kita selalu dalam keadaan aktif. Salah satu penentu tingkat penjualan produk adalah kemudahan penjualnya saat dihubungi oleh calon pembeli.

Bangun Reputasi yang Baik

Tumbuhkan rasa saling percaya dengan pelanggan. Berjualan via smartphone sejatinya antara pedagang dan calon pembeli tidak saling bertatap muka. Tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi. Oleh karena itu kepercayaan pelanggan harus kita jaga dengan terus membuat reputasi yang baik dari usaha online yang kita jalankan.

Dengan memanfaatkan smartphone untuk kegiatan bisnis online, kita bisa lakukan screen shoot testimonial dari pelanggan, ataupun dari transaksi yang telah berhasil kita lakukan, kemudian pasang di toko online atau sebagai display picture media sosial. Hal ini bisa menambah keyakinan customer anda terhadap online store kita. Dan pastikan jurus utama dalam menggaet konsumen adalah mempertahankan repeat order, bukan first order.
 


Artikel ini merupakan kerjasama antara ArenaLTE.com dan Samsung Indonesia

Leave a Comment