ArenaLTE.com – Mulai hari ini, tampilan timeline Twitter mengalami perubahan. Jika kita melihat linimasa di twitter, kini tidak lagi berdasarkan kronologi. Namun tweet yang tampil di time line kita akan tampil berdasarkan relevansi dari kebiasaan kita beraktifitas di Twitter. Meskipun ini merupakan update baru dari Twitter, namun kita masih bisa mengembalikan pengaturan timeline seperti awal yaitu berdasarkan kronologi.

Kendati demikian, kita tidak akan bisa langung melihat perubahannya di linimasa sebelum kita mengaktifkannya secara manual di account setting. Bagaimana tampilan perubahannya? Jika kalian mengaktifkan “Show me the best tweets first” kita akan melihat beberapa tweet di bagian awal tidak secara kronologis setiap kita membuka aplikasi twitter. Pada dasarnya, tidak akan ada perubahan tampilan antarmuka yang menonjol. Ini lebih pada urutan tweetnya saja dan ketika kita melakukan refresh tweet ini akan menghilangkan tweet yang tampil diawal tersebut.

Bagaimana metode non kronologis “best tweet” yang tampil secara acak di awal timeline tersebut? Setiap akun twitter akan menampilkan tweet terbaik secara acak yang berbeda-beda berdasarkan jumlah orang yang kita follow. Beranda timeline menampilkan aliran tweet dari akun yang kita pilih untuk diikuti. Kita bisa melihat konten yang disarankan berdasarkan berbagai sinyal.

Tweet yang paling diminati biasanya akan muncul pertama di timeline. Pihak Twitter memilihnya berdasarkan tingkat interaksi dengan akun tersebut, seperti Tweet yang ditanggapi, dan banyak lagi berdasarkan algoritma yang dirancang.

Sepertinya agak mirip dengan fitur “while you were away” Twitter sebelumnya, yang akan menampilkan urutan twitter yang terlewatkan oleh kita ketika tidak sedang memantau timeline twitter. Namun fitur yang diluncurkan setahun lalu ini masih menampilkan urutan twitter dari follower kita secara kronologis dan berurutan.

Sedangkan fitur timeline twitter baru ini hanya akan menampilkan “tweet terbaik” dari follower saja secara random dan selalu tampil di urutan awal tweet dari timeline kita. Padahal mungkin ada tweet lain yang menurut kita lebih penting tampil di awal timeline ketika membuka aplikasi Twitter, namun akan tergantikan dengan tweet terbaik pilihan Twitter tersebut.

Fitur ini masih merupakan optional, jadi masih bisa kita aktifkan dan non aktifkan. Dan pihak Twitter juga masih mengungkapkan bahwa fitur ini belum sepenuhnya aktif untuk semua pengguna.

Sebagai informasi, perubahan pendekatan timeline Twitter ini sempat memicu reaksi keras dari pengguna. Pada akhir pekan kemarin, tagar #RIPTwitter memuncaki world wide trending topic selama seharian. Mereka menduga algoritma baru yang akan diterapkan itu bakal seperti timeline di Facebook yang berdasarkan relevansi dan interaksi. Namun dengan adanya opsi bagi pengguna yang menampilkan Twitter secara kronologis, kekhawatiran tersebut nampaknya bisa ditepis. Walau bisa saja fitur opsi ini disediakan setelah adanya protes dari para pengguna Twitter.

Berikut ini cara mengatur fitur baru timeline twitter :

Timeline Twitter Baru Di Komputer dan Notebook

Masuk ke akun twitter.com kemudian masuk ke menu “Settings” > “Account” > “Content.” Fitur baru ini akan muncul pada mode “Timeline,” untuk mengaktifkannya pilih kotak (box) disamping “Show me the best Tweets first.” Sebaliknya jika lebih nyaman dengan model kronologis, jangan centang bagian tersebut.

Timeline Twitter Baru Di iOS

Pada aplikasi Twitter, tap ikon roda dan pilih “Settings,” kemudian pilih akun yang akan kita lakukan pengaturan. Selanjutnya masuk ke “Timeline,” tap “Timeline personalization,” dan pilih box disebelah menu “Show me the best Tweets first.”

Timeline Twitter Baru Di Android

Masuk ke aplikasi Twitter, kemudian pilih “Settings,” lalu “Timeline” dan pilih box disebelah menu “Show me the best Tweets first.”