ArenaLTE.com – Berkat MediaTek yang terus menawarkan solusi terjangkau buat vendor, pasar perangkat mobile mengalami perubahan signfikan dalam beberapa tahun terakhir. Banyak pemain besar yang gerah menyambut gelombang merek baru dan melejitnya jumlah smartphone murah meriah. Kini perusahaan chipset MediaTek merilis produk low end yang lebih impresif, dengan bujet 50 dolar AS tapi sudah mendukung LTE.

Semakin sulit memprediksi perkembangan revolusi smartphone di masa mendatang. Kini, kita tak perlu membobol rekening bank demi menikmati smartphone. Dengan hanya merogoh kocek di bawah sejutaan, sebuah smartphone yang berkemampuan cukup baik bisa kita bawa pulang. Biasanya smartphone Tiongkok yang sudah dijejali chipset MediaTek yang murah meriah.

mediatekKini MediaTek kembali melakukan gebrakan dengan merilis tiga chipset murah meriah. MT6738 adalah versi paling murah menggunakan empat chip ARM Cortex-A53 berclockspeed 1.5 GHz dan GPU Mali T860 MP1. Bisa menaungi ponsel dengan resolusi layar hingga 720p dan menawarkan dukungan sampai 4GB RAM dan kamera 13MP. Tapi yang paling dahsyat tentu dukungan terhadap LTE Cat. 6.

Chipset MediaTek MT6750 tampil lebih baik dari sang adik dengan delapan inti Cortex-A53. Empat inti berjalan dengan clockspeed 1.5 GHz sementara sisanya memiliki clockspeed 1.0 GHz. Pengolah grafisnya lebih powerful dengan Mali T860 MP2, tapi resolusi masih tertahan di HD 720p. Dukungan terhadap kamera naik menjadi 16MP.

Terakhir adalah MT6750T, spesifikasinya relatif identik dengan adik-adiknya. Tapi chipset ini sudah menawarkan dukungan terhadap resolusi layar lebih baik hingga full HD. GPU yang dipakai masih sama dengan MT6750 yakni Mali T860 MP2 yang kemungkinan hanya clockspeed saja yang lebih tinggi.

Tiga senjata ini kemungkinan akan diproduksi setelah tahun baru Cina. Artinya, jika semua berjalan sesuai rencana maka dalam waktu yang tak terlalu lama, handset ultra murah dengan dukungan LTE papan atas akan segera membanjiri pasar.