ArenaLTE.com – Operator telekomunikasi terbesar di Australia, Telstra, dikabarkan telah menggandeng Qualcomm, Ericsson dan Netgear untuk mengembangkan teknologi LTE (Long Term Evolution) Gigabit Class pertama di dunia untuk diadopsi perangkat mobile. Saat ini mereka tengah mempersiapkan tahapan komersial jaringan LTE Gigabit.

Sebagai implementasi, Netgear akan memasok perangkat berupa modem WiFi (wireless fidelity)dengan sokongan prosesor Snapdragon X16 LTE dari Qualcomm. Modem dari Netgear ini memang punya kebisaan ekstra, yakni sanggup menggeber kecepatan download hingga 1 Gbps melalui jaringan LTE yang telah di-upgrade. Sementara pera vendor jaringan Ericsson disini sebagai penyedia perangkat radio network.

Seperti dikutip dari Telecomasia.net (19/10/2016), saat ini operator tersebut sedang melakukan serangkaian uji sebelum periode peluncuran komersial. Menurut sumber yang beredar Telstra akan meluncurkan jaringan LTE Gigabit pada bulan November mendatang.

Bagaimana kecepatan download 1 Gbps bisa dihasilkan? Tak lain berkat kombinasi dari kemampuan perangkat yang mendukung 3x carrier aggregation, 4×4 MIMO (Multiple In Multiple Out) pada dua aggregated carriers and 2×2 MIMO pada tiga aggregated carriers , dan 256-QAM.

“Kami bangga pada kemampuan dalam hal konektivitas dan kami melanjutkan tradisi dalam test uji jaringan ini dapat menyelesaikan performa jaringan LTE Gigabit Class dan perangkatnya,” ujar Mike Wright, direktur jaringan Telstra.

Sementara Per Narvinger, head of RAN (Radio Access Network) menambahkan bahwa kesiapan jaringan komersial Telstra dalam LTE Gigabit Class dan perangkatnya merupakan tonggak penting untuk membuka jalan menuju era 5G.