ArenaLTE.com – Program Telkomsel The NextDev berhasil menjaring 400 aplikasi solusi perkotaan di tahap perdana. Kini program tersebut berhasil menjaring 20 finalis yang bakal bersaing di putaran final. Sekedar catatan saja, 20 finalis ini adalah individu atau kelompok developer muda dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya, mereka akan mengikuti serangkaian tahapan selanjutnya yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, dan investor meet up.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengungkapkan jika pihaknya telah berhasil mendapatkan 20 besar finalis Telkomsel The NextDev. “Para finalis ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dimana hal ini menunjukkan bahwa potensi kreativitas dari developer muda tersebar di berbagai wilayah Indonesia.”

Pada proses penjurian selanjutnya, para developer akan dinilai berdasarkan tiga hal, yaitu Usability (UX), Kesesuaian Tema dan Impact Level, dan Kesiapan Produk. Di akhir program, tiga tim terbaik akan mendapatkan hadiah 5M, yakni Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip dan Money.

Berikut adalah daftar 20 besar solusi aplikasi Telkomsel The NextDev di enam sub tema yang telah ditetapkan, yaitu e-Education (pendidikan), e-Government (pemerintahan), e-Transportation  (transportasi), e-Tourism (pariwisata), e-Health (kesehatan) dan e-UKM (UKM).

1.   e-Education: Sekolah Koding (Hilman Ramadhan – Makassar), Rumah Sinau (Abdul Basir – Jakarta), Sarjana.co.id (Setra Yappi – Surabaya).

2.  e-Government: iWatchYou (Arrival D. Sentosa – Bandung), GandengTangan (Nur Roni D. – Jakarta), kolek.in (Danu Pujiachiri), HICO (Doni Prabowo – Yogyakarta), Tilang.in (Laurensius Faleddo – Semarang), SmartGorontalo (Dea Venditama – Gorontalo)

3. e-Transportation: Nebengers (Andreas Aditya S. – Jakarta)

4. e-Tourism: BATAMciti (Yolanda Agustina – Batam), Lenscoop (M. Badrullami – Surabaya), Pontinesia (Adhitya T. Nugraha – Pontianak), Jejakku (Ahimsa D. Afrizal – Surabaya), Travis (Diagnosa Fenomena – Surabaya)

5.  e-Health: Healink (Fikri W. – Yogyakarta), Bloodjob (Martin Luter – Jakarta), QCare (Satria D. Raharjo).

6. e-UKM: ERZ4P (Risa Hisamuddin – Denpasar), Appsterize (Faizal Hitobeli – Jakarta)

Telkomsel The NextDev merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia di dalam membuat mobile apps yang mampu memberikan dampak sosial yang positif, terutama dalam hal pengembangan Smart City (Kota Pintar), dengan enam sub tema aplikasi yaitu pemerintahan, kesehatan, pendidikan, UKM, pariwisata, dan transportasi publik. Kompetisi ini bisa diikuti oleh mereka yang berusia 18 hingga 30 tahun.

Roadshow The NextDev telah dilakukan sejak bulan Mei sampai dengan Juni 2015 di 10 kota di Indonesia, yaitu Medan, Malang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Balikpapan, Bandung, dan Jakarta. The NextDev mengajak anak muda untuk mewujudkan imajinasi dan ide mereka tentang Smart City dan menjadi bagian dari program untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik.