ArenaLTE.com – Operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel dikabarkan telah melangsungkan kontrak untuk penggunaan jaringan Syniverse selama beberapa tahun. Kontrak penggunaan Syniverse terkait dengan Telkomsel LTE Roaming dan kelangsungan konektivitas sinyal di 44 negara.

Terkait hal tersebut, Telin, saudara Telkomsel sebagai sama-sama anak perusahaan Telkom Group akan menggunakan jaringan Syniverse’s IPX (Internetwork Packet Exchange). Teknologi jaringan ini diklaim menghadirkan kemampuan seamless service Telkomsel LTE roaming ke lebih dari 120 juta pelanggan.

Jaringan Syniverse IPX mencakup lebih dari 2.000 router LTE, memungkinkan pelanggan untuk menikmati layanan Telkomsel LTE roaming lewat 270 operator di 44 negara. Dengan populasi penduduk yang besar, GSMA Intelligence mengharapkan kolaborasi ini menjadi tonggak penting bagi LTE pada beberapa tahun ke depan.

“Kolaborasi dengan Syniverse telah memperkuat kemampuan Telin untuk memberikan layanan LTE roaming kepada pelanggan,” ujar Natigor Sitorus, Direktur Pemasaran dan Penjualan Telin, seperti dikutip dari Telecomasia.net (2/10/2015). Perjanjian ini juga akan meningkatkan portfolio Telin di sektor bisnis dengan menyediakan jaringan interoperabilitas dan serba guna.

Pengumuman ini disebutkan sehari setelah Syniverse mengungkapkan pihaknya telah melakukan kesepakatan dalam menawarkan VoLTE roaming antar jaringan LG U + di Korea Selatan dan jaringan SmarTone di Hong Kong.

PT Telin (Telekomunikasi Indonesia International) adalah anak perusahaan Telkom yang menjalankan usaha di sektor managing and developing jaringan bisnis komunikasi di luar Indonesia. Sementara Syniverse di Indonesia juga bukan nama baru. Perusahaan asal AS ini pernah digandeng Master Card untuk penyediaan fitur transaksi keamanan pada mobile payment.

Comments

  1. […] “Lombok dan Telkomsel sama-sama milik Republik Indonesia. Kehadiran layanan 4G LTE Telkomsel di Lombok merupakan perwujudan komitmen kami untuk menjadi yang terdepan dalam membangun kehidupan masyarakat Lombok melalui teknologi seluler terkini,” kata Mas’ud. Baca: Telkomsel Gunakan Jaringan Syniverse Untuk Layanan LTE Roaming […]

  2. […] Uji coba ini akan mulai berlangsung selama satu tahun di 2016, di lima titik di atas pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua Timur. Terkait dengan kerjasama Telkomsel dan Google ini, Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel mengatakan bahwa pihaknya melihat Project Loon sebagai salah satu inovasi teknologi terkini yang dapat bermanfaat untuk memperluas penyebaran Internet di daerah-daerah yang sulit terjangkau dan memiliki kerapatan penduduk (densitas) yang rendah. Baca: Telkomsel Gunakan Jaringan Syniverse Untuk Layanan LTE Roaming […]

  3. […] Layanan 4G LTE Telkomsel juga menghadirkan akses ke berbagai konten digital berkualitas juga diharapkan akan melengkapi digital lifestyle pelanggan, seperti aplikasi Moovigo, LangitMusik, Magisto, dan lain-lain. Selain itu Telkomsel juga telah bekerjasama dengan berbagai operator utama dari 30 negara di 5 benua untuk International Roaming 4G LTE, yang telah menjadikannya sebagai layanan 4G LTE pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan International Roaming. Baca: Telkomsel Gunakan Jaringan Syniverse Untuk Layanan LTE Roaming […]

  4. […] Jaringan 4G LTE Telkomsel juga merupakan layanan 4G pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan International Roaming. Dimana hal ini akan mendukung mobilitas pengguna layanan dari dan menuju Indonesia, karena Telkomsel telah bekerjasama dengan 42 mitra operator dari sekitar di 5 benua untuk International Roaming 4G LTE. Baca: Telkomsel Gunakan Jaringan Syniverse Untuk Layanan LTE Roaming […]