AreaLTE.com – Telkomsel bekerjasama dengan ESQ menyediakan solusi layanan komunikasi terpadu bagi para anggota komunitas yang didirikan Ary Ginanjar ini. Bersama lembaga profesional untuk pelatihan sumber daya manusia tersebut, Telkomsel juga menghadirkan Kantin Digital untuk memfasilitasi kebutuhan transaksi jual beli dan pembayaran secara non tunai melalui layanan TCASH bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di lingkungan ESQ Tower.

Para pelaku UKM di lingkungan ESQ Tower dapat berperan sebagai merchant TCASH, di mana seluruh transaksi jual beli dilakukan melalui layanan keuangan digital. Selain itu, para wirausahawan yang bergerak di bidang kuliner tersebut juga dibimbing menjadi agen untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan. Seperti cash in dan cash out di akun TCASH, proses upgrade kartu 4G LTE, dan sebagainya.

Pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian mengatakan pihaknya percaya kualitas layanan yang dihadirkan Telkomsel mampu mengakomodasi kebutuhan digital lifestyle anggota komunitas. “Kami berharap Telkomsel dapat memperluas dukungan untuk memfasilitasi lini bisnis ESQ lainnya,” ujar Ary di Jakarta (27/10).

Kerjasama Telkomsel dengan ESQ di Jakarta (Foto: Hendra/ArenaLTE)
Kerjasama Telkomsel dengan ESQ di Jakarta (Foto: Hendra/ArenaLTE)

Melalui kerjasama tersebut, Telkomsel menyediakan paket komunikasi gratis. Agar para karyawan dan mahasiswa yang tergabung dalam ESQ Group dapat saling berkomunikasi melalui telepon dan SMS, maupun menggunakan layanan data dengan nyaman. Selain itu, Telkomsel juga menawarkan solusi Web2SMS sebagai sarana penyampaian informasi seputar ESQ melalui SMS kepada para anggota komunitas ESQ.

Operator anak perusahaan Telkom dan Singtel ini juga menghadirkan layanan isi ulang pulsa dan penjualan kartu perdana 4G LTE di Medina Cafe dan Medina Canteen yang berlokasi di ESQ Tower. Ke depannya, ESQ Tour & Travel juga dirangkul untuk berperan sebagai agen penyedia layanan roaming internasional Telkomsel.

Membidik UKM Agar Go Digital

Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, beberapa tahun terakhir perkembangan bisnis yang dilakukan oleh pelaku UKM semakin mengarah ke pasar modern dan global. Sehingga dukungan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat diperlukan oleh segmen UKM sebagai salah satu faktor keberhasilan bisnis.

“Kami terus berupaya membangun ekosistem digital yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Selain menggelar infrastruktur jaringan broadband berkualitas secara agresif, juga menyediakan berbagai pilihan solusi layanan digital untuk melayani kebutuhan digital lifestyle masyarakat Indonesia,” ujar Mas’ud.

 

Ia menambahkan, Telkomsel menyadari bahwa UKM berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, untuk mendukung kesuksesan UKM, pihaknya menyediakan solusi layanan keuangan digital untuk mendukung aktivitas wirausaha agar bisa bertransaksi secara cashless. Sehingga memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi. “Kami berupaya memperkuat UKM agar bisa go digital dengan memanfaatkan TCASH sebagai layanan pembayaran secara mobile,” jelas Mas’ud.

Pada tahun 2017 Telkomsel berupaya melayani 1.000 UKM, di mana satu juta anggota komunitas UKM akan menikmati solusi ekosistem digital Telkomsel. “Inilah bukti komitmen Telkomsel dalam memajukan industri UKM di Indonesia yang berbasis digital sehingga dapat lebih bersaing di pasar domestik dan global,” tandas Mas’ud.