ArenaLTE.com – Telkomsel telah menginjak usianya yang ke-21 tepat pada tanggal 26 Mei 2016. Momentum ini menjadi semangat bagi operator plat merah ini untuk terus konsisten melayani negeri dan membangun ekosistem digital di tanah air. Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan pada perayaan ulang tahun kali ini, pihaknya mengambil tema ‘Bikin Keren Indonesia’. “Maksud dari tema ini adalah kamimengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menularkan semangat membangun Indonesia melalui kreasi yang postif,” ujarnya.

Ririek lebih lanjut menjelaskan bahwa sejak awal berdiri Telkomsel memiliki tujuan agar akses telekomunikasi dapat dirasakan masyarakat dimana pun mereka berada, mulai dari kawasan perkotaan, hingga desa perbatasan negeri dan pulau terluar. Hal ini dilakukan salah satunya dalam rangka mendukung pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah dan membuka isolasi komunikasi.

Tengah: Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel (Foto: Hendra Wiradi/ArenaLTE)
Tengah: Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel (Foto: Hendra Wiradi/ArenaLTE)

Saat ini, perusahaan menegaskan bertransformasi dari Telecommunication Company menjadi Digital Company. Telkomsel terus mengedepankan kegunaan teknologi, khususnya mobile broadband dan layanan digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Hadirnya layanan Internet cepat 4G LTE yang tersebar di lebih dari 100 kota di Indonesia diharapkan diharapkan dapat mendukung aktivitas sehari-hari.

Teknologi Yang Berdampak Sosial Positif

Anak perusahaan Telkom Group ini berupaya mengedepankan manfaat positif dari teknologi untuk membantu masyarakat. Jaringan yang membuka akses telekomunikasi di berbagai lokasi hingga ke pelosok, diharapkan dapat membantu berkembangnya usaha-usaha kecil menengah, serta ekonomi setempat.

Menurut Ririek, perusahaannya meyakini bahwa teknologi seluler dapat memberikan manfaat yang positif. Untuk itu pihaknya pun terus berupaya untuk mengembangkan berbagai solusi yang dapat meningkatkan produktivitas dan mendorong berbagai perubahan ekonomi, sosial, dan budaya di masyarakat.

Salah satu pengembangan layanan yang dianggap memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat adalah layanan uang elektronik TCASH. Melalui layanan ini, Telkomsel memberikan kemudahan bertransaksi secara non tunai hingga menabung melalui telepon genggam, khususnya bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan lembaga keuangan formal (unbanked segment).

“Terbukanya akses telekomunikasi dan semakin banyaknya masyarakat yang terhubung dengan smartphone, maka revolusi digital saat ini akan membawa Indonesia untuk maju lebih cepat, karena perubahan teknologi dan pertukaran informasi terjadi lebih cepat dari pada sebelumnya”, papar Ririek.

Di sisi aplikasi Telkomsel terus mengembangkan berbagai layanan digital, diantaranya di segmen Digital Lifestyle, Digital Advertising, Digital Payment dan M2M Business. Telkomsel juga terus mendorong semangat penggunaan teknologi Internet yang positif di tengah-tengah masyarakat, khususnya generasi muda. Salah satunya melalui The NextDev, kompetisi yang menjaring developer lokal dari berbagai daerah untuk mengembangkan aplikasi Smart City yang dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan perkotaan.