Arenalte.com – Ketika semua operator masih berkutat dengan layanan berbasis teknologi 4G LTE, operator XL Axiata mencoba curi start. Mereka mulai mengimplementasikan teknologi 4,G LTE XL untuk memaksimalkan kinerja layanan mobile broadband.

Operator anak perusahaan Axiata Group ini berharap, dengan teknologi 4,G LTE XL performa dapat ditingkatkan hingga hampir dua kali lipat dan koneksi yang jauh lebih stabil. “Kami mau fokus pada layanan 4G LTE, dan kami berupaya memaksimalkan performanya dengan menerapkan inovasi teknologi,” ujar Yessie D. Yosetya, Chief Service Management XL Axiata.

Teknologi 4,G LTE XL yang digunakan untuk itu disebut 4T4R 4×4 MIMO. Prinsip kerjanya adalah mengkombinasikan multi signal, 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Artinya teknologi ini memancarkan data dengan kombinasi 4 sinyal sekaligus, dan sebaliknya, menerima data juga dengan kombinasi 4 sinyal sekaligus. Hasilnya, kecepatan transfer data bisa digenjot hingga hampir dua kali lipatnya.XL 4G LTE Terapkan 4,5G (1)

Dalam uji coba yang dilakukan XL bersama Ericsson, selaku penyedia teknologi, 4T4R 4 X 4 MIMO ini mampu menembus angka download hingga 273 mbps. Sementara angka upload bertengger di 14 mbps. Menariknya, kecepatan setinggi itu dapat dicapai dengan  lebar pita yang sama (seperti yang digunakan pada teknologi 2T2R), yakni 20 MHz.

“Kita bisa mendapat kecepatan transfer yang hampir mencapai 300 MHz –dengan lebar pita hanya 20 MHz,” kata Ronny Nurmal, VP Network Ericsson Indonesia, yang hadir dalam uji coba yang digelar di kantor XL, Jakarta, pada Rabu (12/10) lalu.

Kabar baiknya, XL sudah menggelar teknologi 4,5G ini di sejumlah kota, yakni, Jabotabek, Bandung, Surabaya dan Denpasar. “Secara bertahap akan diperluas ke kota-kota lain,” ungkap Jessie.

Ia menambahkan, keunggulan lain dari teknologi 4T4R 4×4 MIMO ini adalah sinyalnya lebih kuat dan stabil. Bahkan kekuatan sinyal masih stabil hingga di ujung jangkauan sinyal. “Meskipun dalam ruangan, sinyalnya sangat stabil,” ujar Jessie lagi.

XL 4G LTE Terapkan 4,5GDengan kecepatan yang tinggi, sinyal yang kuat dan stabil, teknologi 4T4R 4×4 MIMO ini seakan membuka gerbang untuk gaya hidup masa depan. “Banyak hal-hal baru yang bisa dilakukandengan bantuan teknologi ini. Kita sudah siap untuk virtual reality,” ujar Ronny Nurmal.

Antara lain, critical IoT semacam public safety dan 2-surgery. Para dokter bisa melakukan operasi dari jarak jauh, (video) monitor real time, memungkinkan para dokter mengambil tindakan tanpa jeda waktu.